Kenapa Bangga jadi Anak Rangminang..? * MINANGKABAU | Mambangkik Batang Tarandam

Kisah Sosial Budaya

Padang – Sebagai orang Minang, kenapa kita harus bangga jadi rang minang? apa yang telah diperbuat oleh rang minang?, Apa istimewanya Minangkabau?.

Mari kita lihat tulisan Herlina Hasan Basri tentang ” AKU BANGGA MENJADI ANAK MINANGKABAU”

Kenapa harus bangga menjadi anak minangkabau?
Apa istimewanya Minangkabau ?

Mari kita coba mengulas sedikit tentang itu,agar putra putri minang bangga dan tau akan sejarah serta budaya yg kita miliki ini,karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawannya dan sejarah bangsanya…

1. Karena Nagari Minangkabau sudah ada dalam UUD’45

2. Karena 3 orang tokoh dari pergerakan Nasional,2 orangnya adalah orang minangkabau,yaitu bung Hatta dan bung Sahril.

3. Karena Bukittinggi pernah menjadi ibukota RI

4. Karena bapak Syafrudin Prawiranegara dan Mr. Asaat pernah menjadi presiden RI

5. Karena Tak ada yang menyangsikan betapa gigihnya Tuanku Imam Bonjol saat berjuang melawan penjajah Belanda di abad ke-19. dan beliau salah satu tokoh revolusioner pergerakan Islam di negeri ini.Imam Bonjol juga disebut sebagai pencetus lahirnya falsafah hidup orang Minang. Nilai falsafah itu adalah adat basandi syara’ (adat berdasarkan agama), dan syara basandi kitabullah (agama berdasarkan kitabullah).

6. Karena sebelum Aceh menjadi istimewa dengan hukum syare’at Islamnya,Minangkabau telah berabad2 yang lalu memakai hukum ADAIK BASANDI SYARA’,SYARAK BASANDI KITABULLAH,SYARA’ MANGATO ADAIK MAMAKAI.

7. Karena masakannya yang beraneka ragam dan sedap, dan sangat disukai di mana-mana,dan rendang adalah makanan terlezat no 1 didunia,dengan berbagai bumbu dan rempah didalamnya.

8. Karena masyarakat Minangkabau adalah masyarakat Matrilinial terbesar di dunia.

9. Karena masyarakat Minangkabau adalah masyarakat Matrilinial yang “termodern” di dunia.

10. Karena masyarakat Minangkabau adalah masyarakat Matrilinial yang paling stabil di dunia.

11. Karena Minangkabau menjadi lambang perlawanan budaya Matriarchat yang diperangi oleh budaya Patriarchat selama ribuan tahun.

12. Karena masyarakat Minangkabau berhasil bertahan dan selalu melakukan perlawanan atas penindasan dan usaha-usaha memerangi budaya Minangkabau. Sampai sekarang.

13. Karena orang Minangkabau telah melawan kekuatan-kekuatan patriarkal besar dunia, Hindu/Budha-India, Hindu/Budha-Jawa, Konfusianisme/Budha-Cina, Katolik-Protugis, Budha-Sriwijaya, Aceh-Islam, Arab-Islam, Kristen-Belanda, Kristen-Inggris, Budha-Jepang, Kristen/Globalisasi/Kapitalisme Turbo-Amerika Serikat/Inggris serta Kristen/Misionaris-Barat.

14. Karena orang Minangkabau adalah suku bangsa yang paling berpengaruh di Indonesia (dalam arti yang baik tentunya) dalam bidang budaya, bahasa, sastra, politik, sejarah, pers,astronomi, dan lain sebagainya. Walaupun di dalam buku sejarah Indonesia tidak disebutkan. Orang Minangkabau hilang dari lembaran-lembaran sejarah Indonesia.

15. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi Bapak Republik Indonesia yaitu Tan Malaka yang telah mencanangkan terbentuknya Republik Indonesia sejak tahun 1925 lewat bukunya: Menuju Republik Indonesia.

16. Karena orang Minangkabaulah yang mengembangkan Bahasa Indonesia modern lewat tulisan yaitu Tan Malaka lewat tulisan-tulisannya dalam “bahasa Melayu/Minangkabau” yang di kemudian hari dikenal sebagai Bahasa Indonesia, pada saat “tokoh-tokoh” lainnya berbangga memakai bahasa Belanda.

17. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi Bapak Sumpah Pemuda pada tahun 1928 yaitu Muhamad Yamin

18. Karena Ketua MUI satu2nya yang tidak mau menerima gaji dari pemerintah,yaitu Buya Hamka,seorang tokoh ulama kelas Internasional berasal dari Minagkabau.

19. Karena minangkabau adalah gudangnya alim ulama dan kaum cerdik pandai.

20. Karena satu2nya orang Indonesia Imam Khatib Al Minangkabawy yang menjadi Imam khatib di Masjidil haram adalah orang Minagkabau.

21. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi Bapak Dasar Negara Indonesia yaitu Muhamad Yamin, yang kemudian dirubah urutannya oleh sukarno dan akhirnya kembali kesemula dan menjadi Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dan diberi nama Hindu oleh Sukarno yaitu “Pancasila”.

22. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi Bapak Pers Indonesia yaitu Djamaludin Adinegoro atau “Adinegoro“.

23. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi Ibu Pers Indoneisa yaitu Rohana Kudus.

24. Karena orang Minangkabaulah yang banyak dan aktif membangun bangsa Indonesia modern lewat pemikiran-pemikirannya, organisasi-organisasinya, partai-partainya, perjuangan-perjuangannya dan peranan-peranannya di segala bidang.

25. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi pendiri partai-partai dalam suatu negara “modern” yaitu Sutan Syahrir (PSI), Tan Malaka (PARI dan Murba), Muhamad Natsir (Masyumi), dll.

26. Karena orang Minangkabaulah yang mengusahakan pengakuan dunia internasional atas kemerdekaan Indonesia yaitu Agus Salim. Karena kemampuan bahasa Arabnya dan kedalaman ilmunya mengenai dunia Arab Agus Salim berhasil mendapat dukungan dari negara-negara Arab yang merupakan negara-negara pertama yang menyatakan dukungan atas kemerdekaan negara Republik Indonesia.

27. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi Bapak per-film-an Indonesia yaitu Usmar Ismail.

28. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi anggota kehormatan dari lembaga hak-hak asasi manusia untuk pemberitaan mengenai senjata pemusnah masal, Weapons of Mass Destruction Commission, yang berkedudukan di Swedia yaitu Ibu Prof. Dr. Dewi Fortuna Anwar.

29. Karena orang Minangkabaulah yang sangat peduli dengan alam dan lingkungan hidup dan merupakan seorang pakar nasional dan internasional dalam bidang ini yaitu Prof. Dr. Emil Salim.

30. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi Ibu dari dunia tari kontermporer Indonesia, yang membuat nama Indonesia diakui di dunia Internasional dengan tari kontemporernya yang berdasarkan pada budaya Minangkabau Silek (silat) yaitu Gusmiati Suid, pendiri sanggar tari Gumarang Sakti.

31. Karena Sultan Brunai Darussalam adalah keturnan urang Minangkabau dari silsilah raja-raja Brunei Darussalam, diketahui bahwa pendiri kerajaan ini : Awang Alak Betatar atau yang bergelar Sultan Muhammad Shah, berasal dari Minangkabau.

32. Karena orang Minangkabaulah yang banyak berjasa dan berjuang di negri-negri Melayu lainnya seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

33. Karena orang Minangkabaulah yang menterjemahkan ayat AL Qur’an mengenai “perempuan yang bertulang bengkok” secara baik yaitu HAMKA. Menurutnya perempuan harus diperlakukan dengan penuh kasih sayang, walaupun ayat ini di dalam budaya-budaya patriarkal lainnya diartikan sebagai “perempuan lemah” dan layak diperlakukan sesuka hati oleh kaum laki-laki.

34. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi astronot pertama di Malaysia yaitu Dr. Sheikh Muszaphar Shukor. Beliau adalah orang Minangkabau kelahiran Negri Sembilan, Malaysia.

35. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi tokoh Proklamator Kemerdekaan Indonesia yaitu Muhammad Hatta, karena saat itu Sukarno sebenarnya tdk mau dan terpaksa diculik dan dipaksa oleh pemuda untuk memproklamirkan Indonesia,yang saat itu Sukarno masih menunggu janji dari Jepang untuk memberikan Kemerdekaan dan Kekuasaan dengan sukarela.

36. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi Bapak Ekonomi Rakyat Indonesia dan Bapak Koperasi Indonesia yaitu Muhamad Hatta, sang Proklamator. Koperasi dari sejak didirikan sampai sekarang telah terbukti menjadi tulang punggung ekonomi rakyat kecil dan menengah, dibandingkan dengan ekonomi bank yang menjadi dasar bagi larinya hasil-hasil ekonomi rakyat Indonesia ke negara-negara “China” seperti Singapura, Hongkong, Taiwan dan RRC.

37. Karena ibu saya ada tiga, saya panggil mereka Mak Uwo, Mande dan Etek.

38. Karena dunsanak saya banyak dan ada di mana-mana karena merantau.

39. Karena kaum laki2 Minangkabau bisa jauh merantau, dan karenanya bisa tau banyak hal dan bisa melihat banyak hal.

40. Karena adat dan budaya Minangkabau tak lekang oleh panas tak lapuk oleh hujan,sampai kini masih tetap bertahan.

41. Karena keindahan wisatanya yg luar biasa dan salah satu pantainya merupakan pantai terindah no 5 didunia.

42. Karena gambar yang ada dalam mata uang Malaysia (Tuanku Abdul Rahman) dan Singapura (Yusof Bin Ishak) adalah gambar seorang tokoh asal Minangkabau

43. Karena sebelum Kartini lahir,minangkabau sdh lebih dulu menjunjung tinggi harkat dan martabat kaum wanita.

44. Karena diMinangkabau punya Tigo Tungku Sajarangan (alim ulama,ninik mamak dan cerdik pandai) yang mengatur kehidupan dalam bermasyarakat.

45. Karena orang Minangkabaulah yang menterjemahkan Islam secara baik dan mendorong tumbuhnya Indonesia sebagai “negara yang berbasis Islam” yang relatif ramah, relatif cinta damai dan tidak memusuhi perempuan.

46. Karena singa betina dari Aceh Cut Nyak Dien yang sangat ditakuti Belanda adalah wanita berdarah minangkabau yang masih keturunan Datuk Makhudum Sati.

47. Karena orang minangkabaulah yang mendorong berdirinya Technische Hooge School (Institut Tekhnologi Bandung) yaitu Abdoel Moeis.

48. Karena ibu2 Minangkabaulah yang dengan sukarela mengumpulkan emas bersama (dikumpulkan oleh Mr.Sutan Mohammad Rasyid) untuk membeli sebuah pesawat Avro Anson dan pesawat itu diserahkan kepada Angkatan Udara dan diberi nama RI 003,yang digunakan untuk melawan Belanda.

49. Karena orang Minangkabaulah yang menjadi tonggak dasar berdirinya NKRI

50. Karena orang minangkabaulah yang pertama kali mendirikan Bank Swasta Pertama di Indonesia yaitu Bank Nasional yang didirikan oleh abuan saudagar Bukittinggi dan sekitarnya (1930) yaitu Anwar St.Saidi bersama 9 orang pendiri lainnya serta Bung Hatta sebagai Penasehat, dan konon sempat membantu perjuangan Kemerdekaan RI.

51. Karena orang minangkabaulah yg menjadi Penemu teknologi agar pengeboran dapat berlangsung sepanjang tahun di daerah kutub utara yang dingin jauh di bawah nol dan menemukan bahwa drilling itu tidak perlu menggunakan pelumas, tapi menggunakan teknologi magnit.

52. Karena orang minangkabaulah yaitu Prof Dr dr H Johan S Masjur, adalah pendiri dan bapak Kedokteran Nuklir Indonesia dari Unand.

53.Bahwa orang minangkabaulah yg pernah berkuasa di Kesultanan Aceh pada tahun 1586-1596. yaitu Sultan Buyong, anak dari raja Indrapura yang bertahta di Pesisir Selatan,

54.Bahwa Di Tapanuli, Sisingamangaraja yang dipercaya sebagai Raja Batak, juga berasal dari Minangkabau. Hal ini berdasarkan keterangan Thomas Stamford Raffles yang menemui para pemimpin Batak di pedalaman Tapanuli. Mereka menjelaskan bahwa Sisingamangaraja adalah seorang keturunan Minangkabau yang ditempatkan oleh Kerajaan Pagaruyung sebagai raja bawahan (vassal) mereka. Hingga awal abad ke-20, keturunan Sisingamangaraja masih mengirimkan upeti secara teratur kepada pemimpin Minangkabau melalui perantaraan Tuanku Barus.

55.Karena 6 polwan pertama di Indonesia urang minangkabau,yg lahir pada 1 September 1948. dalam pemerintah darurat Republik Indonesia di Kota Bukittinggi harus menangani arus pengungsian besar-besaran akibat agresi militer Belanda.

56. Karena orang Minangkabaulah yaitu Mayor Jendral Kivlan Zen yg membebaskan 10 sandera dari kelompok Abu Sayyaf tanpa tebusan dan pertumpahan darah.

Dan masih banyak lainnya. Sulit disebutkan di sini peranan,sumbangan orang Minangkabau di segala bidang, baik di ranah Minang sendiri, di Indonesia, di negri-negri Melayu lainnya dan di dunia. Peran orang Minangkabau dalam hal-hal baik dan kecendekiawanan adalah sangat berarti bagi NKRI
Walaupun sengaja dihapus perannya dan dilupakan, tapi tidak akan menjadikan saya lupa betapa istimewanya negeri saya MINANGKABAU….wallahualam…

“Aku Bangga Menjadi Anak Minangkabau” salam menuju kejayaan Minangkabau ….

disadur dari berbagai sumber

Spread the love