Pasar di Pasaman Terlihat Sepi

Berita Daerah

Pasaman,ritvone.com – Cukup miris mendengar keluhan para pedagang yang tengah berjualan di pasar lama Lubuk Sikaping, kamis (9/4) dan pasar Benteng di Selatan Lubuk Sikaping. Selasa (7/4).

Hendra Jufri (46) yang biasa di panggil Utiah penjual Ikan Laut berharap, virus corona ini segera berakhir,   sehingga warga dapat beraktifitas sedia kala.

“Sekarang penjual ikan laut di pasar lama Lubuk sikaping lagi merosot karena pasar terlihat sepi yang biasanya hasil jualan saya sampai 4 jutaan sekarang hanya mencapai 2 jutaan hingga 3 jutaan”, ucap utiah.

Ada juga ibuk ibuk yang jualannya nggak satu pun terjual “Ndak pacah talua doh Pak(tidak pecah telur pak)” celetuk seorang Uni-uni pedagang asesoris di pasar lama Lubuk Sikaping.

Memang, kondisi miris itu tampak jelas, saat awak media ini memantau ke dua pasar terbesar di kabupaten Pasaman itu, pada Selasa dan Kamis hari ini.

Wajah murung tergurat jelas di muka pedagang yang tengah menunggui ‘jualannya’ yang tak kunjung laku-laku.

Jikapun ada jual beli, namun omset mereka turun hingga 50% dari hari pasar biasanya.

“Sudah hampir sebulan seperti ini Pak. Yang parahnya tiga pekan kemari,” keluh Edi Saputra (40), pedagang cabe dan bawang di pasar Lubuk Sikaping, sembari bertanya lirih  “lamo corona ko lai Pak…”

Tidak hanya itu, harga sejumlah komoditi pada pekan ini di sejumlah pasar di Kabupaten Pasaman, juga tak menentu. Harga begitu fluktuatif. Ada yang naik, dan ada yang turun secara tiba-tiba.

Seperti cabe merah. Pekan lalu masih dikisaran Rp.30.000/Kg, namun pekan ini sudah anjlok Rp.5.000 1/4 Kg atau hanya Rp.20.000/Kg.

Sedangkan cabe gilang merah juga turun, dari Rp.35.000/Kg, menjadi Rp.25.000/Kg.

Sementara itu bawang merah dan bawang putih mengalami sedikit kenaikan dikisaran Rp.30.000 hingga Rp.40.000 per-kilogramnya.

Untuk harga ayam dan telur, tidak mengalami perubahan harga dari pekan sebelumnya.

Namun hari-hari menjelang ramadhan biasanya seluruh harga bahan kebutuhan pokok akan naik.

“Biasanya iya Bang, jelang puasa ini harga-harga pada naik,” timpal Santi, penjual telur dekat los ikan pasar lama Lubuk Sikaping.(mad).

Spread the love