Panitia Pilwana Nagari Aia Manggih Menggelar Pengundian Nomor Urut Calon Wali Nagari

Berita Daerah

Pasaman,ritvone.com – Panitia Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Nagari Aia Manggih Kecamatan Lubuksikaping Kabupaten Pasaman menggelar pengundian nomor urut bagi Calon Wali Nagari di daerah itu bertempat di Aula Kantor Nagari, Selasa (3/3) pukul 10.00 Wib.

Setidaknya lima Calon Wali Nagari Aia Manggih untuk periode 2020 – 2026 yang maju dan ikut dalam pencabutan nomor urut tersebut yakni, Abdi Yusran, Syamsul Asmi, Dasmi, Ade Suryadi, dan Yoharman.

Dari hasil pengundian pencabutan nomor urut tersebut, Abdi Yusran mendapat nomor urut 1, Dasmi nomor urut 2, Ade Suryadi nomor urut 3, Yoharman nomor urut 4, dan Syamsul Asmi mendapat nomor urut 5.

Pencabutan nomor urut calon Wali Nagari Aia Manggih itu dihadiri Camat Lubuksikaping diwakili Kasi Pemerintahan Syahrial, Ketua Bamus beserta anggota, Babhinsa, Babinkamtibmas, toko masyarakat setempat, perangkat nagari dan undangan lainnya.

Ketua panitia Pilwana, Taufik Hidayat Rajo Khatib didampingi Sekretarianya, Fahmi Satria pada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Selasa mengatakan, tahapan pengundian nomor urut bagi calon wali nagari Aia Manggih periode 2020 – 2026 ini serentak dilaksanakan hari ini di Pasaman.

Selain itu katanya, pencabutan nomor urut merupakan salahsatu tahapan dalam Pilwana yang harus dipatuhi.

Sebelumnya kata Taufik, bakal calon Wali Nagari Aia manggih sebanyak 7 orang. Namun, menjelang penetapan balon, satu orang bakal calon mengundurkan diri.

Maka kata dia, sesuai dengan Perda nomor 1 tahun 2016 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan pemberhentian walinagari, dan Perda nomor 3 tahun 2019 tentang perubahan perda nomor 1 tahun 2016, balon yang lebih dari 5 maka mengikuti fit and pro pertest yang dilakukan di tingkat kabupaten.

“Dari 6 bakal calon yang mengikuti fit and pro pertest di tingkat kabupaten Pasaman kemarin, akhirnya 5 orang dinyatakan lolos sebagai calon wali nagari Aia Manggih, ” ucapnya.

Dia berharap seluruh calon Wali nagari Aia Manggih bisa mentaati peraturan yang telah ditetapkan panitia.

“Untuk selanjutnya para calon Wali Nagari dapat melakukan sosialisasi ke masyarakat.
Sosialisasi diharapkan mampu memperkenalkan calon walinagari masa bakti 2020 – 2026 yang akan memimpin Nagari Aia Manggih ini nantinya,” sebutnya.

Rajo Khatib menambahkan, untuk kegiatan kampanye dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 23 – 25 Maret 2020. “Penyampaian visi-misi calon wali nagari secara bersama-sama dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2020 yang dipusatkan di Gedung MDA Jorong Rumah Nan XXX. Selanjutnya, pada tanggal 24 – 25 Maret 2020 kegiatan kampanye dari masing-masing calon wali nagari,” paparnya.

Kemudian, jadwal minggu tenang tanggal 26 – 28 Maret 2019. Sedangkan proses pemungutan suara dengan cara mencoblos dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2020 mendatang.

Sementara itu, Camat Lubuksikaping yang diwakili Kasi Pemerintahan, Syahrial berharap pelaksanaan Pilwana Badunsanak di Pasaman berjalan baik dan lancar sampai selesai.

“Setiap calon Wali Nagari diharapkan bisa saling menjaga tali silaturahmi yang baik, mendukung siapa yang dipilih masyarakat nantinya demi kemajuan Nagari Aia Manggih,” harap Syahrial.

Kata Syahrial lagi, siapapun yang terpilih nanti, yang pasti Banyak potensi, yang harus digali oleh pemerintahan Nagari Aia Manggih “Marilah bersinergi untuk memajukan nagari. Dan, mari jadikan Pilwana serentak 2020 ini menjadi Pilwana Badunsanak, ” pungkasnya.
(mad)

Spread the love