Masyarakat Korong Kampung Taluak Ambun Gotong Royong Bersihkan Pandam Perkuburan

Berita Daerah

Pasaman,Ritvone.com – Menyambut bulan suci Ramadhan mamak kaum bersama pemuda dan masyarakat korong kampung taluak ambun laksanakan gotong royong membersihkan pandam perkuburan.

Tradisi bergotong royong membersihkan pandam perkuburan setiap menjelang Bulan Ramadhan masih tetap terjaga dan rutin dilaksanakan warga Taluk Ambun Nagari Pauh Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Pada hari yang telah ditentukan pada pukul 8.00wib mereka sudah berkumpul di area pemakaman dan acara gotong royong segera di mulai dan biasanya sebelum pukul 12.00 Wib kegiatan tersebut sudah selesai,Sabtu (26/3/2022).

Yulifri Sutan Majoindo Mamak Kaum Korong Kampung Taluk Ambun di kesempatan itu menyampaikan,Terima kasih bagi warga taluk ambun untuk kehadirannya dalam bentuk kepedulian datang ke pandam perkuburan ini untuk kerja bakti bersama sama membersihkan pandam perkuburan.

Marilah kita bersama sama merenungi sedalam dalamnya dan memuja setinggi tingginya dengan rasa syukur berkat  karunia dan hidayahNya kita dapat bersama “Duduak sahamparan tagak sapamatang bersama niniak mamak beserta urang sumando juga masyarakat di pandam pakuburan ini manurut sepanjang adat korong kampung Taluak Ambun ini.

Kemudian kepada adik, kemanakan dan dunsanak yang arif bijaksana dengan tujuan niat untuk membersihkan pandam peekuburan korong kampung Taluak Ambun dengan karja yang tidak bisa kita nilai, ungkap Yulifri Sutan Majoindo.

Hal senada juga di sampaikan oleh Ewilda dan Roni Irawan,bahwasanya nanti akan di berikan hadiah bagi anak anak yang mengikuti kegiatan Tadarus di masjid Taqwa Taluak Ambun pada malam hari selama empat minggu,Tiga minggu, Dua Minggu pada bulan Ramadhan.

Selanjutnya Roni Irawan juga mengatakan,kita nantinya juga akan membuat plank merk pandam perkuburan serta memperluas tanah pandam perkuburan yang sudah terlihat sempit.

“Alhamdulillah mengenai untuk memperluas Pandam Perkuburan Taluak Ambun sudah di musyawarahkan bersama Niniak Mamak,Cucu Kamanakan beserta Urang Sumando” Ucap Roni Irawan yang biasa di panggil Rohom.

(Mad)

Spread the love