KAN Nagari Durian Tinggi Mewakili Kabupaten Pasaman Untuk Penilaian KAN se-Sumatera Barat

Berita Daerah

Pasaman, ritvone.com – Tim penilai KAN tingkat Provinsi Sumatera Barat datang ke lokasi Kerapatan Adat Nagari Durian Tinggi di sambut langsung oleh Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Sekretaris Nagari Durian Tinggi, Bamusy Durian Tinggi serta Masyarakat dan Perangkat Nagari yang bertempat di kantor Nagari Durian Tinggi, Rabu (13/10/)

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS mengucapkan, selamat datang kepada bapak ketua tim penilai Kerapatan Adat Nagari (KAN) beserta rombongan, tim mempunyai arti yang sangat penting dan memberi makna, Khususnya terkait upaya kita bersama untuk senantiasa meningkatkan kapasitas pembangunan di tingkat Nagari juga kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan KAN sebagai lembaga yang menaungi para ninik mamak ( penghulu adat) di Nagari.

Harus juga kita akui bahwa KAN bukanlah perangkat Pemerintah di daerah, namun lembaga ninik mamak/penghulu sudah di akui keberadaannya melalui peraturan daerah.

Selanjutnya, Arah Pembangunan Kabupaten Pasaman teruang dalam peraturan daerah (Perda) No 4 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021 – 2026, salah satu Program Prioritasnya adalah mewujudkan Pasaman berbudaya berdasarkan Falsafah “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.

Kami Benny – Sabar dari awal pencalonan telah bertekad mewujudkan Masyarakat Pasaman untuk yang lebih baik dan bermartabat yang menjadi Visi Kabupaten Pasaman, salah satu wujudnya adalah memperkuat peran Lembaga Adat yaitu KAN dan LKAAM.

Melalui kegiatan penilaian yang dilaksanakan saat ini akan dapat mendorong para pengurus KAN untuk berbenah dalam mengurus Organisasi, sehingga Eksistensi KAN semakin dirasakan Masyarakat Nagari dalam mengaktualisasikan nilai nilai Adat di Nagari sebagai salah satu Manifestasi Filosofi “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah” di tengah Masyarakat, ucap Wakil Bupati Pasaman.

Di kesempatan itu, DR. Yulizal Yunus. M, Si, Dt Rajo Bagindo sebagai tim penilai mengatakan, saya berharap kegiatan penilaian KAN ini berjalan dengan baik dan lancar, lomba KAN ini adalah salah satu bentuk pembinaan Kapasitas Kelembagaan Adat terutama sekali Organisasi Adat, mudah mudahan KAN berfungsi dapat melestarikan dan mewariskan nilai nilai Adat yang “Indak Lapuak Dek Hujan, Indak Lakang Dek Paneh”.

Tim ini terdiri dari berbagai unsur ada konsolidasi Kelembagaan Adat Provinsi Sumatera Barat, Bundo Kanduang, Perguruan Tinggi, Pamong Senior dan unsur unsur lainnya yang mengetahui tentang Adat Minang Kabau yang lebih baik.

Saya juga mengucapkan, selamat kepada Nagari Durian Tinggi yang telah terpilih mewakili Kabupaten Pasaman dalam penilaian Kerapatan Adat Nagari se-Sumatera Barat. Dalam penilaian ini kami juga mematuhi prokes Covid 19.

Lomba KAN ini dilaksanakan untuk melihat keberadaan peranan Aktifitas jalannya Organisasi satu satunya di Nagari, apakah masih di lestarikan dan dipelihara dengan baik yang sesuai dengan “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”, ucap DR. Yulizal Yunus. M, Si, Dt Rajo Bagindo.

Pada acara tersebut turut di hadiri, Wakil Bupati Pasaman, Tim Penilai KAN Provinsi Sumatera Barat, Camat Lubuk Sikaping, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Forkopimcam, Niniak Mamak, Wali Nagari serta Masyarakat.

(Mad)

Spread the love