RCEO BRI Padang Moh Harsono Resmikan Kantor Megah BRI Unit Lunang Pessel

Bisnis

PESSEL, SUMBAR — Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Lunang, Cabang Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diresmikan pada Selasa (20/2/2024). Pembangunan kembali gedung kantor yang mengalami kebakaran pada 26 Juli 2022 lalu, telah rampung.

Dengan demikian, maka BRI Unit Lunang akan live di kantor baru (pindah dari kantor sementara – red) pada 4 Maret 2024 mendatang.

Peresmian kantor Unit BRI Lunang itu dilakukan secara langsung oleh Regional Chief Executive Officer (RCEO) BRI Padang Moh Harsono, dengan didampingi Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, diwakili Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pessel, Mawardi Roska.

Hadir dalam kesempatan itu Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Painan, Alvin Nur Muhammad, Logistik & General Affair Departemen Head, Zaki Abdulghani, Kepala BRI Unit Lunang, Febri Meldia, dan kepala unit lainnya, Camat Lunang, Sunardi bersama Muspika, para Wali Nagari, pekerja BRI dan para tamu undangan lainnya.

RCEO BRI Padang, Moh Harsono, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua undangan yang hadir, dan mengatakan bahwa peresmian kantor unit itu merupakan salah bentuk kesungguhan BRI untuk kembali memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Pessel, khususnya di Kecamatan Lunang.

“Ini merupakan bentuk kesungguhan BRI dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Pessel, khususnya warga Kecamatan Lunang setelah sebelumnya kantor unit ini terbakar pada 26 Juli 2022 lalu. Melalui kesempatan ini saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua undangan yang hadir, dan diharapkan kehadiran gedung BRI Unit Lunang yang termegah di semua unit yang ada di Pessel ini, akan menambah semangat dan motivasi masyarakat untuk meningkatkan saldo tabungannya di BRI Unit Lunang,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa kehadiran BRI Unit Lunang di Pesisir Selatan jelas akan memberi pengaruh yang besar bagi daerah itu dalam mempercepat roda perekonomian masyarakat, serta dalam memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada.

“Saya berharap kehadiran BRI Unit Lunang ini benar-benar akan mempercepat roda perekonomian masyarakat Lunang dan sekitarnya. Baik bagi masyarakat yang bergerak di sektor pertanian, perkebunan, perdagangan, jasa, dan semua UMKM yang tersebar di 10 nagari yang ada di kecamatan ini,” harapnya.

Dijelaskannya bahwa BRI unit Lunang tersebut sebelumnya sudah dibuka sejak tahun 2002 berkat hibah lahan dari Almarhum Bapak Sudjoko.

“Dari itu saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada ahli waris keluarga Almarhum Bapak Sudjoko, dan diharapkan ini akan menjadi amal jariah bagi almarhum dan juga semua ahli warisnya. Karena kehadiran BRI unit ini mampu menjawab kegemaran masyarakat sini yang hobi menabung ketika itu,” jelasnya.

Dia berharap BRI Unit Lunang yang berada di bawah Cabang BRI Painan juga memiliki komitmen yang sama dengan Cabang Painan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di daerah itu.

“Perlu juga diketahui bahwa pada Januari 2024 ini posisi simpanan masyarakat di unit ini sebesar Rp 45 miliar, sedangkan besar pinjaman Rp 83 miliar. Saya juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat karena nasabah BRI Unit Lunang ini merupakan nasabah yang taat sebab memiliki nol tunggakan,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa saat ini BRI Cabang Painan telah memiliki 13 unit, 5 kantor teras, dan diperkuat dengan jaringan e-channel BRI sebanyak 1.608 agen Brilink, 31 CRM, 123 EDC Merchant, serta 6.659 Qris.

Dia juga berharap masyarakat Lunang yang memiliki potensi pengembangan tanaman kelapa sawit dapat mengembangkan usaha ternak sapi secara terintegrasi dengan perkebunan kelapa sawit.

“Sebab melalui usaha itu, peternak akan mendapatkan banyak keuntungan dengan biaya produksi yang rendah. Untuk pengembangannya, BRI siap memberikan dorongan melalui permodalan. Sedangkan bagi yang sudah maju dan berkembang akan dapat pula memanfaatkan BRI sebagai tempat untuk menyimpan uangnya,” tambah Moh Harsono lagi.

Sekkab Pessel, Mawardi Roska, dalam kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada RCEO BRI Padang Moh Harsono, dan juga ucapan terimakasih kepada BRI karena terus melakukan pengembangan dan peningkatan pelayanannya kepada masyarakat Pessel.

“Saya berharap kehadiran kantor BRI Unit Lunang ini benar-benar mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Pessel, khususnya Kecamatan Lunang dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di semua sektor,” harapnya.

Dia berharap BRI yang selama ini telah memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan perekonomian masyarakat Pessel, selalu tetap bersama-sama dengan pemerintah kabupaten dalam mewujudkan kemajuan di daerah itu.

“Ini saya sampaikan karena BRI memang sudah sejak lama menunjukkan komitmen itu dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Bahkan di Pessel pertumbuhan perekonomian masyarakat Lunang tergolong cepat. Ini tercapai berkat berbagai strategi dan program yang dimiliki oleh BRI di daerah ini. Melalui keberadaan fisik BRI Unit Lunang yang termegah di Pessel ini, saya berharap akan menambah gairah masyarakat dalam meningkatkan saldo simpanannya di BRI Unit Lunang ini,” harapnya.

Pinca BRI Painan, Alvin Nur Muhammad, dalam kesempatan itu juga menambahkan bahwa musibah kebakaran yang terjadi pada 26 Juli 2022 lalu membuat bangunan gedung BRI Unit Lunang yang sudah berdiri selama 20 tahun hancur dan datar dengan tanah.

“Karena BRI berkomitman dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga gadung ini kembali di bangun. Sekarang menjadi unit yang termegah di Pesisir Selatan. Melalui peresmian ini, maka hari ini menjadi hari yang membahagiakan bagi masyarakat Lunang. Saya juga tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada ahli waris keluarga Almarhum Bapak Sujoko, karena telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap pembangunan BRI Unit Lunang ini,” ungkapnya.

rel/eri