BRILiaN Gandeng Human Intiative dan Unand Launching WASH Kampung Adat Sijunjung

Bisnis

SIJUNJUNG, SUMBAR — YBM BRILiaN sebagai bagian dari BRI yang sejak 2001 telah menjalankan amanah seluruh insan BRILiaN di Indonesia dalam menyalurkan dana zakat melalui program-program yang diberikan kepada masyarakat. Tentu langkah ini sejalan dengan yang dilakukan oleh BRI sebagai lembaga induk.

Salah satu program YBM BRILiaN yakni program WASH atau “Water Sanitation and Hygine. Pada tahun ini program WASH tersebar di 3 titik di Sumatera Barat (Sumbar), salah satunya di Kabupaten Sijunjung.

Pada Kamis (28/12/ 2023) lalu, BRILiaN launching program WASH Kampung Adat Sijunjung. Program ini salah satu bentuk nyata, kolaborasi yang dilakukan oleh YBM BRILiaN, Human Intiative dan Universitas Andalas (Unand) untuk mengambil peran memberikan kontribusi demi kemajuan dan kejayaan bangsa.

Momen peluncuran program WASH Kampung Adat Sijunjung dihadiri oleh bupati setempat, Benny Dwifa Yuswir, Rektor Unand Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt, CA, CRGP dan GM Network and Strategic Alliance Human Inisiativ Ferry Suranto dan Wali Nagari Sijunjung Rajilis

“Program Water Sanitation and Hygiene atau WASH merupakan suatu program unggulan Lembaga YBM BRILiaN untuk daerah-daerah dengan masalah pengadaan Air Bersih. Ruang lingkup program WASH meliputi pembangunan infrastuktur penyediaan air bersih bagi masyarakat kurang mampu, pemberian sanitasi yang memadai pada fasilitas sosial seperti masjid/mushala, serta pendampingan upaya peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan menjaga lingkungan” ujar Bambang Wiyadi selaku Pimpinan BRI Cabang Kabupaten Sijunjung dalam sambutannya.

Kampung Adat Nagari Sijunjung adalah representasi perkampungan dan masyarakat Matrilineal Minangkabau. Kampung adat ini terletak di Jorong Padang Ranah dan Tanah Bato, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumbar.

“YBM BRILiaN bersama Human Initiative dan Universitas Andalas menginisiasi program WASH di Kampung Adat Nagari Sijunjung. Pemenuhan kebutuhan Kampung Adat akan adanya air bersih sangat penting bagi kehidupan lebih dari 300 keluarga disana, terlebih lagi disaat musim hujan air mereka sama sekali tidak bisa dikonsumsi dikarenakan berubah warna dan bau sehingga warga harus menampung air hujan untuk kebutuhan sehari-hari,” ungkap Bambang Wiyadi.

Ditambahkannya, program WASH ini sebagai bentuk aksi nyata kepedulian Insan BRILiaN terhadap pembangunan mqnusia dan kondisi masyarakat saat ini.

“Besar harapan kami bahwa program ini bisa sustainable dan impactful, khususnya untuk masyarakat Nagari Sijunjung dan masyarakat Kampung Adat. Program ini juga diharapkan menjadi “role model” bagi masyarakat lain. Satu lagi, ini juga bentuk perwujudan Insan BRILiaN dalam memberi makna Indonesia,” tukuknya.

“Bapak dan ibu sekalian, kami atas nama Insan BRILiaN menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada YBM BRILiaN yang telah membantu kami dalam menyalurkan zakat, infak dan sadaqoh melalui program-program yang dilaksanakan. Terimakasih juga untuk seluruh pihak yang terlibat dalam program ini, Human Initiative, Kampus Universitas Andalas dan pemerintah daerah”.

“Semoga apa yang telah kita berikan untuk bangsa ini akan memberikan manfaat yang berkelanjutan dan menjadi warisan luhur untuk generasi selanjutnya”.

Demikian Bambang Wiyadi, Pimpinan BRI Cabang Kabupaten Sijunjung di akhir kata sambutannya.

rel