RITVone.com Pasaman, Sumbar Pemerintah Kabupaten Pasaman menggela pawai budaya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasaman yang di ikuti oleh 37 Nagari yang ada di Kabupaten Pasaman, Minggu 9 Oktober 2022.

Pawai budaya tersebut dilepas langsung oleh Bupati Pasaman H Benny Utama didampingi oleh Wakil Bupati Pasaman Sabar.A.S,di jalan Sudirman depan Bank Nagari Lubuk sikaping.

Dalam pelaksanaanya, selain diikuti oleh Nagari, juga tampak hadir kelompok Drumband SD 05 Pauh, Drumband MAN 1 Pasaman.

Ditambah lagi dengan penampilan yang sangat menonjol diantaranya, Pencak silat, Silek sonsong, tradisi ma anta marapulai, dan beberapa hasil inovasi dari masing masing dari nagari.

Bupati Pasaman pada kesempatan tersebut dalam arahanya mengatakan, Pelaksanaan Pawai Budaya tersebut merupakan wujud pelestarian warisan budaya yang ada di masing masing Nagari khususnya, dan Kabupaten Pasaman umumnya.

Dengan adanya Pawai Budaya ini, akan dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat terutama bagi generasi muda untuk terus di lestrikan harap Bupati.

Diakhir sambutanya Benny Utama berpesan, kita harus bangga terhadap budaya kita sendiri, untuk itu perlu kita jaga jangan sampai hilang oleh budaya asing yang belum tentu sesuai dengan sendi kehidupan kita di ranah Minang.

Turut hadir dalan pelepasan Pawai Budaya tersebut, Forkopimda Pasaman, Sekretaris Daerah Mara Ondak, Ketua TP.PKK Pasaman Ny Susi Benny Utama, Ketua GOW Pasaman Ny.Denny Sabar .A.S, Ketua DWP Pasaman, Kepala BUMD Pasaman, Kepala OPD. (Penofiandri)