Padang — Rangkaian program Gemarindu telah sukses dilaksanakan jajaran Kementerian Agama se Sumatera Barat. Memberikan apresiasi, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memberikan penghargaan kepada penggiat dan pemenag lomba.

Kepala Bidang Penais Zawa, H. Yufrizal mengatakan, Gemarindu (Gema Ramadan Indah Bersahaja di Dunia), program yang dilahirkan Kepala Kanwil Kemenag untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan. Ada 11 (sebelas) program yag dilaksanakan dalam Gemarindu ini selama bulan suci Ramadan.

Pertama, Gerakan Thaharah Mesjid yang dilaksanakan serentak se Sumatra Barat. Kedua, Tadarus Alquran offline, tilawah wal istima’ (membaca dan mendengarkan) bacaan Alquran. Ketiga, Wirid Al Nisa’. Program ini diperuntukkan bagi ASN perempuan yang dilaksanakan setiap jumat pagi. Keempat, tadarus online atau Sasaju (satu Hari satu Juz).

Kelima, Syiar baca kita hadis. Keenam, Gemaribu (Gema Rohani Berbuka). Kegiatan ini ceramah agama selama 7 menit oleh penceramah dari ASN Kanwil dan  ditayangkan di youtube Kanwil Kemenag Sumbar 45 menit sebelum berbuka. Ketujuh, Tilawah Ramadan (Tiram). Kegiatan ini dalam bentuk tadarus Ramadan, kerja sama Kemenag Sumbar dengan RRI.

Kedelapan Berkat, Berbagi Zakat Fitrah Berbagi Umat. Kesembilann Senur (Semarak Nuzul Quran). Kesepuluh, I’tikaf Mandiri (Iman) yang dilaksanakan di masjid-mesjid tempat ibadah masing-masing. Kesebelas, Siraman Rohani (Siroh) RRI. Program ini kerjasama Kemenag dengan RRI dengan menghadirkan penceramah dari ASN Kemenag dan Penyuluh Agama Islam.

Berikut Pemenang lomba dalam rangka Gemarndu, Cabang Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) kepala MAN/MAS, Juara I M. Jufri dari Kab. Pasaman Barat, Juara II Zainal Masri dari Kab. Pasaman, Juara III  Syuheri Taslim  dari Kab. Padang Pariaman.

Cabang MHQ Kepala MTsN/MTsS, Juara I Sukriati dari Kab. Agam, Juara II M. Rafki Amin dari Kab. Dharmasraya, Juara III Ifa Yetri Ani dari Kota Solok.

Cabang MHQ Kepala MIN/MIS, Juara I Yulizar dari Kota Padang, Juara II Armis dari Kab. Tanah Datar, Juara III Afrilius dari Kota Pariaman.

Cabang MHQ Penyuluh Agama Islam Juara I Muh. Sai’dun Harahap dari Kab. Pasaman, Juara II Rabiatu Adawiyah dari Kab. Dharmasraya, Juara III Jarnaini dari Kab. Agam.

Cabang MHQ Penghulu, Juara I Nadrial D dari Kab. Agam, Juara II Gunawan Gulfi dari Kab. Lima Puluh Kota, Juara III Ifdhal dari Kota Bukittinggi.

Cabang Video Khutbah Jumát, Juara I Raihan dari Ponpes Sumatera Thawalib, Juara II Maulana dari MAN 1 Bukittinggi, Juara III Rahmad Hidayat A dari MAN 2 Solok.

Cabang Video Azan, Juara I M. Rahen Putra dari MTsN 8 Agam, Juara II Faiz Bunainal Qisthi dari MTsM Kota Solok, Juara 3 Aditia Rismon dari MTsN Kota Solok.

Sementara untuk Publikasi Gemarindu tergiat diraih Kemenag Kabupaten Padang Pariaman, Kemenag Kabupaten Solok dan Kota Padang Panjang. Bidang tergiat mengikuti Tadarus Offline Bidang Papkis Kanwil Kemenag Sumbar. Kemudian Tadarus Online terbaik diantaranya, Maria Euis dari Bidang Penmad, Adek Adha dari Bidang Papkis dan Jasril dari Penyuluh Agama Islam. 

Hadir dalam kesempatan ini Kakanwil Kemenkum HAM dan jajaran, Ketua DWP, Ny. Nazifah Helmi, seluruh Kepala Bidang, Ketua DMI, Ketua Baznas, Kepala Kemenag Padang Pariaman, H. Syafrizal beserta jajaran, Kepala Kemenag Kota Pariaman, H. Rinalfi beserta jajaran dan Kepala Kemenag Kota Padang, Edy Oktafiandi beserta jajaran. (*)