Tarusan–Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan bersama Bimas Islam Kemenag Kab pessel serta tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) melaksanakan pengukuran arah kiblat Mushalla Al Malikul Bahri Pulau Setan Di kawasan mandeh kecamatan Koto XI Tarusan kabupaten pesisir Selatan, Rabu (25/11/21).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal ini diwakili oleh Staff Kasi Bimas Islam Ust Zulkifli, dan didampingi oleh Jajaran KUA kecamatan Koto XI Tarusan, serta tim BHR Kabupaten Pesisir Selatan ust Usri, melaksanakan kegiatan tersebut di Pulau Setan kawasan wisata Bahari Mandeh kecamatan Koto XI Tarusan kabupaten pesisir Selatan.

Dalam arahannya Ust Usri berharap, semoga mushalla ini akan cepat selesai pembangunannya sehingga bisa nantinya digunakan Oleh Wisatawan dan pengunjung Wisata Pulau Setan untuk melaksanakan shalat secara berjamaah di lokasi.

Ust Usri juga mengatakan, “Pengukuran Arah Kiblat, baik mushalla ataupun masjid merupakan program dari Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan melalui Bimas Islam Kemenag kab pessel,” ujarnya.

Dengan pengukuran ini diharapkan arah kiblat akan tepat pada posisinya, karena ini akan menjadi acuan bagi seluruh wisatawan dan masyarakat sekitarnya dalam menjalankan ibadah shalat di saat berwisata. “Mengetahui arah kiblat adalah menjadi bagian yang terpenting dalam pelaksanaan ibadah shalat,” tambahnya.

Ust Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada Penyuluhan Agama Islam Non PNS Kemenag Kab pessel Buya Zarmon, telah berjuang dengan gigih dalam Koordinasi Untuk pembangunan mushalla bersama dengan Pihak Kapolres AKBP Sri Wibowo, dan juga Selalu Berkoordinasi tentang pembangunan musholla bantuan dari Kapolres AKBP Sri Wibowo, semua yang terlibat di dalam perencanaan sehingga terjadinya pengukuran arah kiblat Mushalla Al Malikul Bahri ini. Ujarnya

Tampak hadir pada pengukuran arah Kiblat Mushalla Al Malikul Bahri Pulau Setan bantuan Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo ini, Penghulu KUA Tarusan, Ust Susanto, Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Tarusan, Ust Musriadi, Pengelolaan Bumang mandeh Tarusan jaya , Elfi , Penyuluh Agama Islam Non PNS Kua Tarusan, Buya Zarmon, serta tokoh masyarakat Kecamatan Koto XI Tarusan.

Dalam sambutannya Buya Zarmon menyampaikan, semoga Bantuan Pembangunan mushalla dari Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo ini nantinya bisa menjadi wadah dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya bagi para pengunjung dan juga masyarakat di sekitar Pulau Setan yang Berdagang di lokasi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan. ujarnya

Elfi Selaku Anggota Bumang Mandeh Tarusan jaya mengatakan, “Mushalla sangatlah penting untuk menunjang dalam Pengembangan Wisata ,” ungkapnya. beliau menyampaikan juga bahwa rasa terima kasih kami sedalamnya kepada Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo atas bantuan buat membangun Mushalla di lokasi Wisata Palau setan, tegas nya, sebab Mushalla kami habis dapat musibah kebakaran selepas lebaran lalu bukan saja Mushalla yang terbakar tapi juga tempat pedagang di lokasi juga ikut dilahap sijago merah, tegasnya, kami berharap nanti kepada para Pengunjung wisata Pulau Setan untuk dapat memanfaatkan mushalla bantu dari Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo ini nantinya dalam melaksanakan shalat berjamaah.ujarnya

H Arzen Menyampaikan, bahwa sebelum proses pembangunan Mushola terlaksana selaku tim yang bertugas pada pembangunan Mushola melakukan pengukuran arah kiblat yang akan menjadi acuan dalam melakukan ibadah bagi wisatawan dan para pengunjung wisata pulau setan mandeh nanti, agar arah kiblat itu tepat sesuai ukuran yang telah disepakati dan tepat mengarah ke Ka’bah, lanjutnya, kami berterima kasih kepada Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo yang telah mempercayakan Salah Satu Penyuluh Agama Islam Teladan Kab Pessel Buya Zarmon untuk Membantu Kegiatan pembangunan mushalla yang beliau bantu buat penunjang wisata Di pulau setan. Ujarnya

Dengan adanya Mushalla yang layak buat ibadah bagi para pengunjung wisata pulau setan kawasan mandeh ini, mampu hendaknya mengingatkan kita akan pentingnya ibadah dan liburan, tetap mengingat ibadah di saat berlibur di lokasi. ( By.Zm/and)