Bukittinggi — Setelah ditutupnya perhelatan akbar ajang bergengsi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sumatera Barat oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Simatera Barat, Kota Bukittinggi berhasil meraih peringkat II dengan perolehan mendali Juara I pada 2 cabang lomba yaitu IPA Terintegrasi (MI) atas nama Shaqueena Khaira Nadhan dari MIS Al Ikhwan dan IPA Terpadu Terintegrasi (MTs) dari MTsN 1 atas nama Ihsanul Fakhri dari MTsN 1 Bukittinggi.

Juara II berjumlah 2 pada cabang lomba Biologi Terintegrasi (MA) atas nama Dianda Khaira dari MAN 2 dan pada cabang Lomba Ekonomi Terintegrasi atas nama Asrathul Humaira dari MAN 1 Bukittinggi. Juara III berjumlah 1 pada cabang lomba Matematika Terintegrasi atas nama Zafran Abqary Faisal Biologi Terintegrasi (MA) atas nama Dianda Khaira dari MAN 2 dan pada cabang Lomba Ekonomi Terintegrasi atas nama Asrathul Humaira dari MAN 1 Bukittinggi
Juara II berjumlah 2 pada cabang lomba Biologi Terintegrasi (MA) atas nama Dianda Khaira dari MAN 2 dan pada cabang Lomba Ekonomi Terintegrasi atas nama Asrathul Humaira dari MAN 1 Bukittinggi.

Juara Harapan I berjumlah 1 pada cabang Matematika Terintegrasi atas nama Najib Ghani A dari MIN Bukittinggi. Total perolehan mendali keseluruhan enam mendali dengan rincian juara 1 pada 2 cabang lomba, juara 2 pada 2 cabang lomba, juara 3 pada 1 cabang lomba dan juara harapan 1 pada 1 cabang lomba.

Kakan kemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir didampingi Kasi Pendidikan Madrasah H. Gazali kepada Humas, Kamis (07/10) menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada siswa/i, pembimbing dan pihak madrasah Kota Bukittinggi yang telah berkalaborasi sehingga berhasil meraih hasil yang terbaik pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu yang lalu.

“Terima kasih kepada Guru Pembimbing, Kepala Madrasah khusus Madrasah sukses meraih prestasi pada KSM Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang telah berjuang dengan penuh semangat dan kesabaran dalam meraih prestasi terbaik sehingga menempatkan Kota Bukittinggi pada peringkat II peraihan mendali terbanyak,” apresiasinya.

Selanjutnya H. Kasmir mengajak untuk selalu memberikan support dan do’a agar meraih hasil terbaik di Tingkat Nasional, mengharumkan nama Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat pada kompetensi bergengsi tersebut,” ajaknya.

Dalam abad 21 ini, berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan siswa madrasah harus memiliki pola fikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah, memiliki kreatifikitas dan inovasi, mampu berkomunikasi dan mampu bekerjasama dengan baik.

“Untuk ananda kami yang berasal dari Madrasah Kota Bukittinggi yang akan menjadi Duta Sumatera Barat pada ajang KSM tingkat Nasional mari persiapkan diri semaksimal mungkin untuk berkompetisi. Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang terbaik di tingkat nasional dengan potensi yang ada. Mari kita sukseskan Tingkat Nasional Tahun 2021 dilakanakan secara LURING akan dipusatkan di MAN 1 Kota Bukittinggi dan semua peserta serta pendamping akan diinapkan di salah satu Hotel di Bukittinggi,” tutupnya (Syafrial)