Padang,RITVone.Com–Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia.

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan mahasiswa Universitas Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB Padang) untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN.

Namun dengan pertimbangan protokol kesehatan dan keselamatan mahasiswa. Sebanyak 13 mahasiswa/i UIN Imam Bonjol Padang yang terdiri dari 6 Mahasiswi dan 7 Mahasiswa melaksanakan KKN-PPM(Pembelajaran pemberdayaan Masyarakat) 2021 di Air Dingin Kel.Balai Gadang kec.koto tangah kota padang.
“Alhamdulillah pada Rabu, 14 Juli 2021 kemarin kita sudah mulai pembukaan. Saya dan kawan-kawan insya allah akan melaksanakan KKN sampai tanggal 23 Agustus 2021 Nanti. Ucap Nanda Kurnia Sebagai Koordinator,Jum’at 16 Juli 2021 di Posko KKN Air dingin Kota Padang

Nanda juga mengatakan ia dan Mahasiswa yang melaksanakan KKN tersebut akan Berupaya melaksanakan semua program-program yang telah dibuat.

“Kami akan berupaya merealisasikan program-program kami, tapi tentunya kami juga berharap dukungan dan kerjasama dari masyarakat”. Ucapnya..

Finy Eka Satriana yang juga peserta KKN di Air Dingin RW.10 tersebut mengatakan bahwa Masyarakat Air Dingin RW.10 begitu ramah dan terbuka dengan kehadiran mereka didesa itu.

“Waaah… masyarakat disini ramah-ramah, komunikasi dengan mereka begitu mengasikkan. Mudah-mudahan kami betah disini sampai 23 Agustus nanti”. Ucapnya..

13 Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tersebut adalah :

  1. Nanda Kurnia (Koordinator)
  2. Roni Setiawan
  3. Hifzan Fikri
  4. Naufal Rabbani
  5. Defri Suseno
  6. Adrian Akmal Fahrozi
  7. Adrian Tri Wajar M
  8. Finy Eka Satriana
  9. Diah Wulandari
  10. Sumiati
  11. Risna Anwar
  12. Nurul Ahyamaudi
  13. Syifa Annisa

Disamping itu, Yufrizal Maas,SH selaku Kepala Lurah Balai Gadang Kec.Koto tangah kota Padang membenarkan adanya 13 Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang yang melaksanakan KKN didesa mereka, Yufrizal Maas,SH juga berharap kehadiran mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang itu bisa memberikan perubahan besar terhadap masyarakat dan generasi muda di Kel.Balai Gadang ini.

“Yaa.. ada sekitar 13 Mahasiswa yang melaksanakan KKN di wilayah balai gadang ini. Kami berharap kehadiran mereka bisa memberikan perubahan didesa kami terutama dibidang pendidikan dan dampak sosial & keagamaan”. Ujarnya Jum’at, 16 Juli 2021 di Kantor Kepala Lurah Balai Gadang.
Selain itu,Jasdaini,S.pd selaku Ketua RW.10 Air dingin balai gadang menyambut hangat kedatangan mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol tahun 2021 ini dan memberikan arahan kepada para mahasiswa yang akan KKN d RW.10 Serta memfasilitasi tempat posko, mensupport program kerja yang akan di laksanakan selama masa KKN tahun 2021 ini.
Program-program yang akan mereka laksanakan adalah dibidang Pendidikan, Keagamaan, Kesehatan, Sosial Budaya, Kelembagaan, Hukum dan Ekonomi serta mematuhi protokol kesehatan dan PPKM Darurat yang sedang berjalan saat ini. (Roni)