PADANG — Pada era milenial ini, kalangan muda diharapkan menjadi garda terdepan pemanfaatan teknologi internet untuk hal-hal positif. Mengambil andil sebagai penebar kebaikan di tengah percaturan dan pergumulan dunia maya saat ini, seperti itu hendaknya generasi menempatkan posisi strategisnya.

Pokok fikiran tersebut dicurahkan Sekretaris Forum Eksekutif Media (FEM), Eri Gusnedi, dalam kesempatan temu silaturahmi dengan Ketua Harian Tarung Derajat Kota Padang, Muhammad Taufik beserta rekan-rekan, bertempat di Warung Mie Aceh Bunda, By Pass Aie Pacah, Padang, Kamis (14/1/21).

Kalangan muda pada era milenial saat ini, lanjut owner www.ritvone.com tersebut, berpotensi menjadi benteng kokoh penangkal masuk dan beredar luasnya beragam hal negatif di dunia maya. Hal-hal negatif tersebut bisa berupa berita-berita hoaks, pornografi, hedonisme, postingan provokatif atau berupa upaya transformasi paham-paham tertentu yang tidak selaras dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945 dan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Selaras dengan itu, mereka juga punya enerji tinggi untuk menebar sebanyak-banyaknya kebaikan melalui postingan-postingan berfaedah, bernilai ibadah serta menuntun pada nilai-nilai kebajikan. Mewujudkan hal ini, semua pihak perlu lebih intens membangun jembatan hati, menuntun serta mendorong kalangan muda supaya lebih cerdas dan proporsional dalam memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki jaringan internet. Sebuah hasil kemajuan teknologi digital yang saat ini melekat erat dengan keseharian kalangan muda, generasi penerus bangsa.

“Salah satu upaya yang bisa sama-sama kita lakukan pada saat ini yakni pemberian pemahaman literasi media bagi kalangan muda. Melalui pemahaman ini, kalangan muda akan lebih memiliki filter dalam menyerap maupun meyebarluaskan informasi di internet,” ulas penggiat jurnalistik online yang juga seorang mubaligh tersebut.

Pokok fikiran yang disampaikan Sekretaris FEM di atas mendapat respons positif dari Muhammad Taufik berikut rekan-rekannya sesama kalangan muda yang saat ini aktif mengembangkan perguruan seni beladiri Tarung Derajat di Padang. Adapun keaktifan mereka di Tarung Derajat, menurut Taufik, salah satunya sebagai upaya membentengi diri dari sederet hal negatif yang dewasa ini kerap membayangi kehidupan kalangan muda, disamping menempa fisik dan mental melalui latihan kontinyu senibeladiri. Sederet hal negatif dimaksud, bisa berupa pergaulan bebas, kehidupan hedonis, tindak penyalahgunaan narkoba hingga pemanfaatan internet secara negatif.

Taufik dan rekan-rekannya menyambut baik langkah sinerji antara pihaknya dengan FEM ke depan, terutama dalam penyebarluasan berita-berita positif di internet, pembinaan kalangan muda di bidang literasi media serta pelatihan-pelatihan jurnalistik berbasis digital.

“Kami siap bersinerji dengan FEM, terutama dalam kegiatan-kegiatan berkaitan penambahan wawasan, pembinaan serta pemberdayaan kalangan muda di bidang jurnalistik dan kemediaan,” tegas Taufik, diamini rekan-rekannya.

Terpisah, Ketua FEM Ecevit Demirel menyatakan bahwa pihaknya sangat berbesar hati sekaligus “wellcome” terhadap pihak-pihak yang berkenan untuk seiring selangkah, saling bersinerji mendorong semangat kalangan muda pada pemanfaatan teknologi informasi secara positif.

“Termasuk untuk bersinerji dengan adinda Muhammad Taufik beserta rekan-rekan beliau di jajaran pengurus Tarung Derajat Kota Padang, kami sangat menyambut baik. Semoga ke depannya, sinerji dan kebersamaan yang terjalin bisa saling memberikan manfaat, terutama dalam pembinaan generasi muda di Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya,” ungkap Ede, demikian owner www.sumatrazone.co.id tersebut akrab disapa.

Tentang FEM, ia memaparkan bahwa perkumpulan yang didominasi owner media online itu dalam eksistensinya ke depan memiliki tujuan-tujuan sebagai berikut:

  1. Ikut berperanserta aktif dalam penyelenggaraan penyampaian informasi publik; berperanserta aktif dalam upaya peningkatan sumber daya manusia di berbagai lingkup kemediaan;
  2. berperanserta aktif dalam kegiatan publik relation / kehumasan melalui kerjasama saling mengikat dengan instansi/lembaga-lembaga legal;
  3. berperansertaaktif dalam mensosialisasikan perkembangan-perkembangan terbaru sektor kemediaan;
  4. berperanserta aktif dalam mengemukakan pendapat, kritikan, masukan, menanggapi isu-isu ataupersoalan-persoalan krusial yang ada korelasi dengan sektor kemediaan, kebijakan pemerintah,serta program pembangunan di segala bidang.

Agar tercapai tujuan di atas, FEM melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  1. Melakukan investigasi, crosscheck, kajian-kajian, telaah serta solusi terhadap masalah-masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat
  2. Menyalurkan aspirasi masyarakat atas informasi didapat dari masyarakat.
  3. Mengembangkan kepeloporan masyarakat sehingga memiliki sikap berani tampil di tengah-tengah masyarakat secara bertanggungjawab dan menjunjung tinggi azas kebenaran dan keadilan.
  4. Meningkatkan peranserta masyarakat dalam pembangunan bangsa yang meliputi peranpelaksana, pembinaan, pengawasan dan kontrol sosial yang dilaksanakan secara kritis, konstruktif, konsepsional terhadap para pelaksana pembangunan atau pemerintah.
  5. Melakukan pendampingan, sosialisasi program dan konsultasi.
  6. Mendirikan dan menyelenggarakan pusat informasi data, monitoring, survey dan jajakpendapat di setiap Provinsi.
  7. Melakukan usaha-usaha lainnya yang tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan lembaga satu dan lain, dalam arti kata yang seluas-luasnya.

(rel)