Pasaman Barat,ritvone.com – Wakapolda Sumbar Brigjend Edy Mardianto  mengukuhkan Pokdar Kantibmas Wilayah V yang terdiri dari Polres Pasaman Barat dan Polres Pasaman,  di gedung Balairong Kantor Bupati Pasaman Barat, Simpang Empat , Rabu (23/09/20).

Brigjend Edy Mardianto dalam sambutannya menyampaikan  bahwa Polri membuat suatu program pembentukan Pokdar Kantibmas  dengan tujuan bahwa organisasi ini merupakan forum rembuk ditengah masyarakat untuk menyelesaikan segala permasalahan secara sukarela yang berkaitan dengan gangguan kantibmas sehingga daerah menjadi tetap kondusif dan sebagai mitra Polri dalam rangka kerjasama dibidang Kantibmas.

Pokdar Kantibmas ini dikukuhkan berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat dan Surat Tugas Kapolri kejajarannya, dimana Pokdar Kantibmas yang dibentuk ini mempunyai tugas menjalankan organisaai sesuai AD/ART, Mengibarkan Pataka Organisasi diseluruh kecamatan masing-masing Kabupaten, Berkoordinasi dengan Stakeholder dalam penyelesai masalah kantibmas, berperan aktif dalam mendukung kebijakan Pemerintah sesuai amanat dan konstitusi serta menjaga nama baik organisasi dan institusi Polri dimanapun berada.

Tommy Irawan Sandra yang di kukuhkan sebagai Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pasaman juga menegaskan, bahwa amanah yang diberikan sebagai ketua Pokdar Kabtibmas Pasaman dan anggota Pokdar Kantibmas lainnya tidak akan berhasil jika tidak dibimbing dan diberikan masukan dari berbagai elemen masyarakat dan sangat dibutuhkan juga arahan dari pembina dan penasehat, sehingga slogan “elok elok sajo” dapat diwujudkan dibumi Pasaman dan Pasaman Barat ini, ungkap Tommy.

Pokdar Kantibmas Kabupaten Pasaman yang dikukuhkan terdiri dari berbagai profesi pekerjaan, dengan Ketua Tommy Irawan Sandra ( pengusaha), Wakil Ketua Maryong (Swasta), Sekretaris Ishak (ASN), Bendahara dr. Yong Marzuhaili  (Dir. RSUD Lubuk Sikaping), serta beberapa Ketua bidang atau seksi.

Dalam tempat terpisah usai acara pengukuhan, Kapolres Pasaman AKBP Edy Nur Andriansyah,SIK,MSi yang turut menghadiri acara, menyampaikan kepada Ketua dan Anggota Pokdar Kantibmas Pasaman yang baru dikukuhkan tadi, agar segera membentuk dan mengukuhkan Pokdar Kantibmas di Kecamatan sesuai dengan himbauan Bapak Waka Polda dalam pengukuhan.

Jika dalam pelaksanaan tugas nantinya ada masalah atau kendala, Ketua dan Anggota Pokdar Pasaman jangan segan segan berkoordinasi dengan Polres Pasaman dan kami siap 24 Jam melayani apalagi untuk terciptanya Kantibmas ditengah-tengah masyarakat.

Acara pengukuhan Pokdar Kantibmas Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat dihadiri oleh Forkopinda Kabupaten, Sekda Pasaman Barat, Kepala SKPD di Pasaman Barat, Kasat Pol PP Pasaman, Kadis Kominfo Pasaman, Tokoh Masyarakat, Camat dan Wali Nagari di Kabupaten Pasaman Barat.
(Mad)