Padang — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agam Provinsi Sumatera Barat H. Hendri menanggapi beredarnya Hoax terkait adanya postingan memberikan narasi bahwa ada rombongan jema’ah haji Padang Sumatera Barat berangkat ke Bandara untuk selanjutnya menuju tanah suci menunaikan haji, “ini tidak benar, melihat dari foto yang ada di postingan ini sudah jelas ini hoax, sebab itu foto tahun 2018 oleh Robbyrotanayulian, coba amati foto itu baik-baik” tutur H. Hendri saat dihubungi awak media.

Foto asli diunggah oleh akun istagram Robbyrotanayulian  pada tanggal 19 Agustus 2018 dengan caption asli “ kita nikmati kebersamaan yg indah ini walau entah sampai kapan kita slalu bersama”. Pada foto tersebut jelas sekali tahun fotonya 2018 dan pada Bus tertera tulisan Rombongan Jamaah Haji Haji Kabupaten Sijunjung.

Lebih lanjut H. Hendri menjelaskan bahwa Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M sudah jelas, dan Kanwil Kemenag Sumbar juga sudah mensosialisasikan sampai ke 19 Kankemenag Kabupaten/Kota bulan juni 2020″ jelasnya.

Disini kami menegaskan bahwa tidak benar ada pemberangkatan jamaah haji asal Padang Sumatera Barat pada Tahun 2020 ini, dan jelas informasi yang beredar itu adalah berita bohong belaka atau hoax.

“Saya menghimbau kepada Masyarakat Sumatera Barat, agar berhati-hati dan harus teliti mencermati setiap informasi yang diperoleh atau yang beredar  di medsos, pastikan kebenarannya sebelum dishare kepada orang lain, agar terhindar dari hoax yang akan meresahkan masyarakat” himbau H. Hendri

Akhirnya Hendri menutup konfirmasinya dengan semua slogan “ saring sebelum sharing”, agar kita semua terhindar dari menyebarkan berita tidak benar. (Humas)