Payakumbuh, ritvone -Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto MH kunjungi Nagari Tageh Rumah Gadang di Payakumbuh sebagai nagari percontohan menuju new normal yang sesuai arahan presiden Joko Widodo.

Nagari Tageh Rumah Gadang telah melengkapi arahan presiden dan protokol kesehatan seperti adanya posko pemantauan, buku tamu, buku saku desa tanggap covid 19, daftar orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), buku pendatang, buku tanda terima paket dari jasa pengiriman, dan buku keluar masuk warga.

Kedatangan Kapolda Sumbar Toni Harmanto bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Nagari Tageh Rumah Gadang beserta Dan Rem 032 Wirabraja Sumbar Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dan juga unsur Forkofimda Sumbar, Rabu (17/6).

Sekaitan penyerahan beras sebanyak 10 ton pada masyarakat Payakumbuh yang belun tersentuh oleh bantuan sosial pemda setempat. Beras itu merupakan intruksi dari Kapolri Jenderal Idham Azis melalui Mabes Polri khusus untuk propinsi Sumbar pada 19 daerah Kabupaten dan Kota telah disalurkan beras sebanyak 190 ton beras untuk masyarakat lewat masing masing wilayah kerja Polres daerah bersangkutan.

Mindaklanjuti hajatan bantuan sosial pada masyarakat, Polri Peduli Covid 19 terhadap masyarakat yang terdampak ekonomi ulah wabah corona virus covid 19 merupakan bencana nasional.

Kapolda Sumbar Toni Harmanto, Gubernur Irwan Prayitno beserta unsur pimpinan propinsi Forkopimda Sumbar melihat langsung kesiapan Lounching Nagari Kampung Tangah di Payakumbuh.

Terkait melihat kesiapan daerah menuju kenormalan baru diwilayah propinsi Sumbar, hal ini merupakan tidak lanjut dari arahan presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sekaitan dengan Sumbar menuju new normal dan ketahanan pangan.

Kedatangan Gubernur, Kapolda dan Danrem beserta rombongan disambut Walikoto Payakumbuh Riza Palevi, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S Ik dan Forkopimda Payakumbuh.

Awalnya, rombongan berkunjung ke Kampung Tangguh Nusantara di Perumnas Kubang Gajah, Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Di sana Irjen Pol Toni Harmanto dan Irwan Prayitno melihat kesiapan Perumnas Kubang Gajah dalam menghadapi dan mengantisipasi penyebaran virus corona covid 19 seperti adanya posko relawan, tempat cuci tangan, alat penyemprotan disinsfektan, thermo gun dan APD.

Kapolda Sumbar Toni Harmanto mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan program dari Presiden RI, Kapolri, dan Panglima TNI yang kemudian di aplikasikan di wilayah Indonesia.
Untuk di Sumbar, Kampung Tangguh tersebut juga akan dilounching dan diberikan namanya sesuai dengan melihat kearifan lokal.

“Jika kita masih mencari satu nama yakni “Nagari Tageh Rumah Gadang” untuk wilayah Sumatera Barat (Sumbar)”, katanya usai melihat posko Kampung Tangguh Kubang Gajah.

“Sebelumnya, Gubernur sudah menyampaikan, tidak hanya aspek kesehatan, aspek keamanan, ketersediaan pangan sosial ekonomi, yang bisa menunjang seperti lokasi ini, kita berharap ini bisa diadopsi di tempat lain di Sumbar, ” tambahnya.

Nantinya, dengan adanya kampung tangguh yang telah didirikan di beberapa daerah di Sumbar kemudian akan dilaporkan langsung kepada pemerintah pusat.

Yang ini kan sudah menjadi pelaporan bagi Kapolri, Panglima TNI kepada Presiden dengan kegiatan ini.

Terkait ketahanan pangan di Sumbar Kapolda Toni Harmanto mengatakan bahwa pihaknya dan jajaran TNI bersama dengan Forkopimda baik ditingkat propinsi maupun tingkat daerah telah bekerjasama.

Dari jajaran Polri kata Kapolda telah menyiapkan bantuan untuk masyarakat yang belum memperoleh bantuan dari pemda setempat.

“Kita menyiapkan Polres, itu kita siapkan (bantuan) 10 ton beras. Jadi total dengan 19 Polres kita hampir 190 ton dan dari Polda 25 ton”, pungkasnya.**Obral Chaniago.