Oleh Prof.Dr.H.Salmadanis, M.A

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wahai Pencinta KAJIAN ISLAM dan JAMAAH MAJLIS TA’LIM di mana saja berada.
Dalam beberapa tulisan kedepan kita akan memaparkan KAJIAN ISLAM terkait bagaimana KESABARAN kita menyikapi wabah COVID-19 yang saat ini sedang melanda kehidupan manusia dari berbagai aspek di dunia termasuk negara kita Indonesia tercinta.

                   S A B A R L A H
  1. MANFAAT SABAR BAGI KESEHATAN MENTAL

Hidup tak pernah sepi dari yang namanya tantangan dan cobaan. Selalu saja ada hal-hal yang membuat kita jadi marah, sedih, kecewa, dan sebagainya. Sayang, hal-hal tersebut kerap datang secara tiba-tiba sehingga hampir mustahil untuk dicegah.
Tak ada yang bisa diperbuat selain bersabar dan berusaha untuk bangkit dari keterpurukan yang kita alami sambil terus berusaha menggapai apa yang diinginkan. 

SELAIN ITU kita ingin hidup ini jadi lebih tenang dan fokus dalam menghadapi masalah, sabar membawa sejumlah dampak positif lainnya bagi kesehatan, terutama kesehatan mental berikut ini manfaatnya bagi kesehatan mental

  1. Menghindari Penyakit

Percaya atau tidak, manfaat bersabar bisa mencegah tubuh dari serangan penyakit.
Dari hasil studi yang dirilis oleh Journal  of American Medical Association pada tahun 2003, ditemukan fakta bahwasanya orang-orang yang memiliki kesabaran tinggi dalam kehidupannya memiliki risiko terkena darah tinggi (hipertensi) dan bahkan penyakit jantung yang lebih kecil ketimbang mereka yang tidak.
Orang yang tidak sabaran memang cenderung memiliki emosi yang tinggi, yang mana hal tersebut dapat memicu peningkatan tekanan darah di dalam tubuh, pun peningkatan denyut jantung sehingga bisa terkena serangan jantung mendadak. Oleh karena itu covid-19 rata-rata menyerang terhadap imun manusia yang lemah dan rendah. Bagi mereka ini rentan oleh covid-19.

2. Menghindari Stres

Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat sabar salah satunya membuat kita menjadi lebih tenang dan fokus dalam menghadapi situasi yang tidak menyenangkan atau bikin kita ‘gelisah’. Dengan begitu, kita jadi tidak terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu.
Sesuatu yang dikerjakan secara terburu-buru hanya akan meningkatkan beban pikiran Anda. Akibatnya, timbullah rasa stres, yang mana stres ini pada kelanjutannya menimbulkan sejumlah penyakit, bahkan tak jarang komplikasi yang mengancam keselamatan jiwa.

3. Meningkatkan Produktivitas

Bekerja atau melakukan aktivitas lainnya secara terburu-buru juga akan berakibat pada terganggunya produktivitas. Percaya atau tidak, pekerjaan yang dilakukan dengan tergesa-gesa hampir dipastikan tidak akan berakhir dengan baik. Kita mungkin bisa menyelesaikan tugas dengan cepat, namun hasilnya? Kemungkinan besar tidak berkualitas sama sekali.
Sementara itu, manfaat sabar akan membuat kita jadi lebih fokus untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya sehingga produktivitas kita semakin tinggi.

5. Mencegah Kerusakan DNA

Manfaat sabar ternyata bisa mencegah kerusakan DNA di dalam tubuh manusia.
Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Singapura berhasil menemukan korelasi antara sifat sabar dengan kesehatan DNA, dalam hal ini ialah struktur DNA terkecil yang berfungsi memproteksi DNA dari kerusakan, bernama telomere.
Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa orang yang tidak sabaran memiliki sturktur telomere yang lebih pendek ketimbang orang yang penyabar. Padahal, struktur telomere yang pendek tersebut menyebabkan seseorang rentan terhadap kerusakan DNA yang pada perkembangannya, dapat menyebabkan kematian dini.

6. Hidup Tenteram dan Damai

Manfaat sabar lainnya yang tak kalah penting adalah, membuat hidup kita terasa tenteram dan juga damai.
Seorang akademisi dari Pace University, New York City, Amerika Serikat, Daniel Baugher, mengatakan jika sifat tidak sabar hanya akan membawa kita pada kondisi gelisah, marah, bahkan tak jarang membuat seseorang gemar memusuhi orang lain.
Sebaliknya, berperilaku sabar menjadikan hidup terasa ringan, tenteram, dan damai karena kita mampu melalui segalanya dengan penuh ketenangan sebagai efek dari bersabar.

7. Lebih Menikmati Proses

“Nikmati saja prosesnya”. Ungkapan ini pasti sudah sering kita dengar, bukan? Ya, nyatanya menikmati dan menghargai  proses dari aktivitas yang kita jalani membuat segalanya terasa lebih menyenangkan. Dan perasaan seperti ini hanya bisa Anda dapatkan jika bisa bersabar.
Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Jadi, bersabar dan nikmati saja prosesnya.

8. Mempererat Relasi Sosial

Ketidaksabaran yang kita miliki tak hanya berdampak buruk bagi diri sendiri, namun juga orang lain di sekitar. Bukan hanya kita yang emosi, tapi juga rekan-rekan maupun orang terdekat lainnya. Jika sudah begitu, jangan heran kita akan dijauhi oleh mereka.
Hal ini tentu saja tidak akan terjadi apabila kita memiliki sifat penyabar. Manfaat bersabar yang satu ini akan menimbulkan citra positif dari diri kita di mata orang lain, sehingga mereka pun akan selalu senang untuk berinteraksi dengan orang lain.
Semoga kajian ini berguna.


Wahai sahabat-sahabat dan kaum muslimin, hadapilah kehidupan ini dengan SABAR KARENA ALLAH MENCINTAI ORANG YANG SABAR DAN ALLAH BERSAMANYA

DARI SALMADANIS PUSAT DAKWAH DAN STUDI ISLAM DAN SERTA MAJLIS TA’LIM SUMBAR.
17