Oleh Prof.Dr.H.Salmadanis, M.A

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wahai Pencinta KAJIAN ISLAM dan JAMAAH MAJLIS TA’LIM di mana saja berada.
Dalam beberapa tulisan kedepan kita akan memaparkan KAJIAN ISLAM terkait bagaimana KESABARAN kita menyikapi wabah COVID-19 yang saat ini sedang melanda kehidupan manusia dari berbagai aspek di dunia termasuk negara kita Indonesia tercinta.

                   S A B A R L A H
  1. CARA MENINGKATKAN KESABARAN SAMBUNGAN

10. Mencontoh kepada orang-orang yang Sabar

Setelah termotivasi untuk menjadi orang yang lebih sabar, selanjutnya adalah mencoba untuk mencontoh orang-orang yang sabar. Dengan demikian, tingkat kesabaran kita akan bertambah. Misalnya para Nabi_ nabi Allah, para shiddiqin, para syuhada’ dan para shalihin. Pada hakikatnya sabarlah ternyata yang menolong mereka.

1.Lebih Sering Melihat ke Bawah

Maksud dari lebih sering melihat ke bawah adalah mencoba untuk menyadari bahwa banyak orang lain yang lebih tidak beruntung dari kita. Sehingga kita akan lebih bersyukur dan bersabar ketika mengharapkan sesuatu. Jika kita lihat dampak covid-19, berapa banyak pintu_ pintu rezki yang tertutup, mulai dar pengusaha besar sampai kepada rakyat miskin dan seterusnya.

2.Mengingat Janji-Janji Allah
Begitu banyak ganjaran bagi orang-orang yang sabar yang telah dijanjikan oleh Allah SWT. diantaranya adalah:

a. Orang yang Sabar Akan Dijanjikan Surga
Dari Anas bin Malik Ra. Meriwayatkan, Aku mendengar Rasullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah berfirman, Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya.” (HR. Bukhari).

b. Orang yang Sabar Akan Diberikan Pahala Tanpa Batas
Allah SWT berfirman:
“… Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar: 10).

c. Orang yang Sabar Akan Diberikan Rahmat dan Petunjuk
“Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al Baqarah: 157).

d. Orang yang Sabar Akan Dicintai Allah
“… Allah menyukai orang-orang yang sabar.” (QS. Ali Imran: 146)

e. Orang yang Sabar Akan Mendapatkan Pertolongan
“Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.” (QS. Ali Imran: 125).

3.Fokus pada Tujuan

Fokus terhadap tujuan akhir juga termasuk salah satu Cara Meningkatkan Kesabaran. Kesabaran dapat ditingkatkan dengan memfokuskan diri pada tujuan. Orang yang fokus terhadap tujuan akan terus berusaha mendapatkan tujuannya. Sehingga rasa putus asa akan terminimalisir dan kesabaran akan terjaga. Jika covid-19 mungkin tujuan Allah adalah untuk menguji keimanan kita, maka tetap yakin bahwa ujian ada hikmahnya. Mari kita cari hikmah dibaliak semua ini.

4.Berteman dengan Orang Shaleh

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perilaku dan sifat seseorang. Berbagai karakteristik biasanya terbentuk dari sana. Adapun salah satu sifat atau karakter dari orang sholeh adalah penyabar. Dengan bergaul dan berteman dengan orang sholeh dapat membuat sifatnya tersebut “menular” kepada kita. Perumpamaan dalam pergaulan telah disabdakan Nabi Muhammad Saw.
“Perumpamaan teman yang shalih dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium bau wanginya. Sementara berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapatkan bau tidak sedap.“ (HR. Bukhari & Muslim)

5.Berdoa

Terakhir adalah meminta kepada Allah atau berdoa untuk meningkatkan kesabaran. Segala usaha akan menjadi lengkap jika dibarengi dengan doa. Sesungguhnya kesabaran itu merupakan anugerah dari Allah SWT. Oleh karena itu, mintalah kepada-Nya untuk menjadi orang yang sabar. Jangankan kita, nabi saja senantiasa berdoa kepada Allah untuk diberikan kesabaran dalam menghadapi cobaan.
Semoga berguna.


Wahai sahabat-sahabat dan kaum muslimin, hadapilah kehidupan ini dengan SABAR KARENA ALLAH MENCINTAI ORANG YANG SABAR DAN ALLAH BERSAMANYA

DARI SALMADANIS PUSAT DAKWAH DAN STUDI ISLAM DAN SERTA MAJLIS TA’LIM SUMBAR.
16