MARI KITA BERDOA AGAR TERHINDAR DARI BALA DAN WABAH COVID-19

Oleh Prof.Dr.H.SALMADANIS, M.A Pembina Studi Islam dan Majlis Ta’lim

Kata “tolak bala” berasal dari kata “tolak” dan “bala”. Tolak memiliki arti “penangkal” atau terhindar dan bala berarti “musibah, bahaya, penyakit atau bahaya”.

Jadi Arti dari kata tolak bala adalah penangkal bencana, penyakit, bahaya dan sejenisnya. Dimana penangkal ini dilakukan dengan melalui doa atau dengan selamatan.
Doa tolak bala adalah sebaris doa yang kita panjatkan kepada Allah supaya mendapatkan perlindungan dari musibah, bencana atau permasalahan. Doa ini juga menjadi salah satu sunnah Nabi Rasulullah.
Beliau mengajarkan umatnya untuk mengucapkan doa ketika melihat atau mendengar seseorang terkena musibah. Hal ini bertujuan agar kita terhindar dari musibah tersebut.

Ada beberapa macam doa tolak bala yang diajarkan Nabi Muhammad dan terdapat dalam Al Quran. Beberapa bacaan ini bisa kita panjatkan ketika sedang berada di ambang masalah atau melihat kemungkinan terjadi musibah, yaitu sebagai berikut :

1.Doa Tolak Bala

Doa tolak bala pertama ini secara langsung diriwayatkan oleh Nabi Muhammad kepada umatnya. Dengan bacaan ini, pembacanya akan terhindar dari musibah yang dilihatnya.
Bacaan ini juga bisa dibaca ketika kita sedang bertemu orang yang terkena musibah.
Misalnya ketika ada teman yang mengalami kecelakaan atau musibah. Kita dapat memanjatkan doa tolak bala ini.
Bacaanya adalah sbb.:

الحمدُ للهِ الذي عافَانِي مِمَّا ابْتلاكَ به ، و فَضَّلَنِي على كَثيرٍ مِمَّنْ خلق تَفضِيلًا
“Alhamdulìllah alladzì Afanì mìmma ìbtalaaka bìhì wa faddhalanì ala katsìrìn mìmma khalaqa tafdhììla.”
Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan keselamatan kepadaku dari bala’ (musibah atau penyakit) yang telah menimpamu serta Ia telah memberikan anugerah kepadaku atas kebanyakan makhluk yang telah Ia ciptakan.”

Doa di atas untuk meminta perlindungan dari Allah supaya diberikan keselamatan dan terhindar dari musibah seperti yang terjadi pada orang lain.
Dengan memperbanyak membaca doa ini, kita akan selamat dan tidak tertimpa bala petaka yang menyakitkan.

2.Doa Tolak Bala Nabi Yunus

Doa tolak bala yang satu ini adalah doa Nabi Yunus yang beliau panjatkan ketika berada di dalam perut ikan. Bacaan ini diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqash.
Bacaannya adalah sbb. :

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
“Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin.”
Artinya :
“Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”
Nabi Muhammad SAW menganjurkan doa ini supaya selamat dari musibah dan tidak mengalami musibah lagi yang lebih besar.

3.Doa Tolak Bala Pendek

Doa tolak bala ini diriwayatkan dalam hadist Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu.
Ustman bin Affan mendengar Rasulullah banyak membaca doa ini dan menganjurkan umatnya untuk membacanya.
Bacaannya sbb :

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bìsmìllaahìlladzìì laa yadlurru ma’as mìhì syaì’un fìl ardhì wa laa fìs samaa’ì wa huwas samìì’ul ‘alììm.”
Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maja Mengetahui.”
Bacaan ini adalah untuk meminta kepada Allah supaya terhindar dari apa-apa yang ada di bumi dan langit yang bisa membahayakan diri kita. Doa ini juga akan menghindarkan kita dari kemudharatan atau kerugian.

4.Doa Tolak Bala Panjang

Doa tolak bala selanjutnya adalah yang paling sering diamalkan oleh umat muslim. Bacaan ini biasanya sebagai doa setelah shalat wajib yang dilakukan secara berjamaah.
Bacaannya

اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

“Allaahumm adfa Annalghalaa-A, Walbalaa-A, Walwabaa-A, Walfahsyaa-A, Walmunkara, Wassuyuufalmukhtalìfata, Wasysya Daa-ìda, Walmìhana Maadhahara Mìnha, Wamaabaathana Mìnbaladìnaa Khassatan, Wamìn Buldaanìl Muslìmììna ‘Aamma Tan. ìnnaka ‘Alaa Kullì Syaì-ìn Qadììr.”
Artinya :
“Ya Allah, hindarkanlah Kami dari kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit atau wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau adalah atas segala sesuatu adalah kuasa.”
Doa ini memiliki makna serupa dengan doa-doa sebelumnya yaitu meminta perlindungan dari Allah. Hanya dengan keridhaan dan perlindungan Allah, yang bisa menghindarkan kita dari semua musibah yang mungkin terjadi.

5.Doa Tolak Bala yg juga Sesuai dgn Sunnah

Bacaannya sbb. :
اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ وَ صَلَّى اللَّهُ وَسَلَّمَ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Allahumma bìhaqqìl Fatìhah, Wasìrrìl fatìhah, Yaa Faarìjal hamma, wa Yaa kasyìfal ghamma, Yaa Man lì ìbaadìhì yaghfìru wa yarham, Yaa dafì’al bala-ì Yaa Allah, wa Yaa dafì’al bala-ì Ya rahman, wa Yaa dafì’al bala-ì Yaa Rahììm.”
“wa shalallahu wa sallama ‘ala khaìrì khalqìhì, Syyìdìna Muhammadìn wa ‘ala alìhì wa shahbìhì ajma’ìn, Subhaana rabbìka rabbìl ìzzatì amma yashìfun, Wasalamun ‘alal mursalìn walhamdulìllahì rabbìl ‘alamììn.”
Artinya :
“Dengan kebenaran Al-Fatihah karena rahasia Al-Fatihah yang sangat luar biasa. Manusia hendaknya percaya kepada Allah yang mampu membedah hati yang gelisah, menyingkap kebingungan karena Dialah dzat yang mengampuni dan mengasihi semua hambanya.”
“Karena Dia jugalah zat yang mampu menolak bala dari berbagai macam jenis bala. Semoga salam serta sholawat tercurah kepada Muhammad sebagai Rasullnya orang-orang mukmin dan para sahabatnya. Dan semoga keselamatan dilimpahkan kepada para Rasul Allah, serta segala puji bagi Tuhan semesta Alam.”

Doa ini ini adalah doa yang dicontohka oleh Rasulullah. Dia ini memiliki makna serupa dengan doa-doa sebelumnya yaitu meminta perlindungan dari Allah.
Hanya dengan keridhaan dan perlindungan Allah, yang bisa menghindarkan kita dari semua musibah yang mungkin terjadi. Lakukanlah doa-doa ini setiap waktu, terutama setalah shalat dan dzikir. Semoga kita semua selalu dibawah lindungan Allah Swt.


Wahai sahabat2 dan teman2 sejati, BERDOALAH!!! Agar terjauh dari bala dan wabah.
Dari SALMADANIS Pembina Studi Islam dan Majlis Ta’lim TARBIYAH-PERTI Sumbar