Oleh Prof.Dr.S SALMADANIS, M.A Pembina Studi Islam dan Majlis Ta’lim Sumbar

Sebagaimana kajian kita kemaren ada beberapa doa yang dianjurkan oleh Islam agar kita berdoa disaat dimana kita sdg ditimba bala dan wabah. Wabah yang paling berbahaya saat ini adalah covid-19. Untuk itu ada bbrapa manfaatnya, yaitu :

1.Meminta Perlindungan kepada Allah dari Musibah

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, umatnya diminta untuk membaca doa tolak bala ketika sedang bertemu dengan saudara yang tertimpa musibah.
Dengan memanjatkan doa ini kepada Allah, kita berharap supaya diberikan keselamatan agar tidak ikut terkena musibah tersebut.
Salah satu contohnya adalah ketika kita sedang menjenguk teman yang sakit. Selain mendoakan kesembuhannya, kita juga berdoa supaya tidak terkena atau ditimpa penyakit seperti teman tersebut.
Kita memang tidak bisa memprediksi atas perihal yang akan terjadi di masa mendatang. Segala sesuatu berjalan sesuai dengan kehendak Allah.
Namun, jika kita terus berbuat kebaikan, menjalankan perintah Allah , menjauhi laranganNya dan berdoa memohon perlindungan, perlindungan dari musibah akan dilimpahkan oleh Allah

2.Meminta Keselamatan

Tujuan kedua dari membaca doa tolak bala adalah supaya kita diberikan keselamatan dan terhindar dari sebuah musibah. Kita bisa membaca doa ini ketika merasa sedang menghadapi permasalahan.
Masalah dan musibah adalah hal yang mungkin saja terjadi dalam hidup kita. Tidak ada datu orangpun yang terbebas darinya. Berjalan sendiri di tempat sepi, berkunjung ke suatu tempat terpencil dengan kondisi jalan yang agak rawan dan lain sebagainya.
Dengan doa tolak bala, kita berharap diberikan keselamatan dan kembali ke rumah tanpa kurang suatu apapun. Jadi doa ini juga sering disebut sebagai doa keselamatan.
Keselamatan kita dari sebuah musibah adalah sesuatu yang harus diupayakan. Hal ini adalah sebuah kewajiban diri kita dalam menjaga diri sendiri. Keselamatan tidak cukup hanya berhati-hati saja, kita tidak tahu kapan orang lain melakukan kekhilafan.
Oleh sebab itu, selain menghindar dari musibah, doa tolak bala juga akan membuat Allah menganugerahkan keselamatan pada kita.

3.Mengharapkan Keridhaan Allah Swt.

Sesungguhnya tidak ada satu manusiapun yang terlepas dari ujian dan musibah. Allah memang menciptakan manusia untuk diuji imannya melalui musibah, cobaan dan ujian.
Semua ujian itu harus dilalui agar kita mendapatkan ridha dari Allah. Jika kita mampu melalui ujian dengan baik sesuai dengan perilaku yang diinginkan Allah, maka kebaikan akan diturunkan pada kita.
Satu hal yang perlu dicatat, tanpa keridhaan Allah, kita tidak akan dapat memasuki surga-Nya. Meskipun amal ibadah yang kita lakukan sangat banyak, namun jika Allah tidak ridho, maka surga bukan menjadi tempat kita.
Oleh sebab itu, kita harus menjalani semua yang ditakdirkan Allah baik ujian, musibah, cobaan dengan baik untuk mendapatkan ridha-Nya.

4.Meminta Kekuatan

Selain untuk meminta supaya dihindarkan dari musibah, kita juga membaca doa tolak bala untuk meminta kekuatan. Jika pada akhirnya kita memang ditakdirkan untuk mengalami sebuah musibah, doa ini akan menguatkan.
Doa yang kita panjatkan akan menjadi sumber energi kita untuk melalui setiap musibah yang terjadi.
Oleh sebab itu, jangan takut meskipun kita harus mengalami musibah. Allah akan menguatkan dan memampukan kita untuk menghadapinya.

5.Mendapatkan Pahala

Berdoa merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Ibadah bukan hanya shalat, puasa, shadaqah, berhaji saja, namun berdoa juga adalah bentuk ibadah.
Jika kita beribadah kepada Allah, pastinya kita akan mendapatkan pahala karena telah mengikuti perintah Allah. Pahala yang mulia di sisi Allah jauh lebih baik dari pada apapun di dunia ini.
Oleh sebab itu, setiap waktu kita harus mengamalkan doa-doa untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya.
Doa tolak bala bisa diamalkan setiap hari terutama untuk doa sesudah shalat berjamaah. Doa yang dilakukan secara istiqamah memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah.
Meskipun kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, setidaknya dengan doa ini kita akan terhindar dari musibah yang buruk.
Musibah yang tidak mampu dilalui dengan kemampuan kita sebagai manusia. Hanya Allahlah yang mampu menolong dan menghindarkan kita. Seperti firmanNya; mintalah kamu kepada-Ku, Aku akan kabulkan.

Awalilah doa dengan :

  1. Membaca surat al-Fatihah
  2. Bershalawat kepada Nabi
  3. Baca doa2 yg telah disheer kemaren
  4. Tutup dengan baca surat al-Fatihah
    Semoga diijabah oleh Allah Swt.

Wahai sahabat2 dan teman2 sejati, BERDOALAH!!! Agar terjauh dari bala dan wabah.