Padang — Menyikapi beredarnya informasi dan sudah banyak korban yang berjatuhan karena virus Corona, menjadi perhatian semua orang, termasuk Ketua Umum DPP Himpunan Alumni MTI dan Pondok Pesantren (HAMTIPP) Buya Zainal Abidin Thaher. Lalu apa kata Buya Zainal tentang virus yang awalnya muncul di Wuhan, China, itu?

Buya Zainal mencermati perkembangan berita tentang penyebaran virus yang semakin masif dan semakin berbahaya itu. Sebagai Ketua HAMTIPP, ia terpanggil untuk ikut bertanggung jawab penuh dalam upaya mengajak umat mendekatkan diri pada Allah dan melakukan do’a qunut nazilah terkait pencegahan menyebarnya virus corona.

Sebagai seorang tamatan Madrasah Tarbiyah Islamiah dan Ketua DPP Alumni MTI dan Pondok Pesantren Buya Zainal sudah dari kecil diajarkan aqidah Islam, yang tidak dibenarkan takut kepada makhluk, dan virus adalah makhluk ciptaan Allah, “dia akan sampai pada orang yang dikehendakiNya, namun kita sebagai makhluk tentu juga harus ikhtiar atau berusaha menghindari diri darinya, tapi ingat keputusan akhir tetap ada pada kekuasaan Allah” tutur Buya Zainal.

“Ibarat seekor anjing yang galak mengejar seseorang, makin lari makin dikejar, jalan satu-satunya, panggil tuannya, maka anjing akan berhenti mengejar atas perintah tuannya” tutur Buya Zainal yang didampingi Sekjen HAMTIPP Eri Gusnedi, Kamis (19/03/20).

Buya Zainal menyeru umat Islam untuk semakin mendekatkan diri pada Allah, “saya mengajak seluruh umat Islam untuk melaksanakan do’a qunut nazilah, agar Allah menjauhkan kita dari virus Corona, mari kita sebagai umat Islam, melakukan qunut nazilah, dan doa tolak balak” serunya.

“Disamping itu sebagai manusia, mari kita berusaha menghindari diri dari hal-hal yang bisa menyebabkan terkena virus Corona, rajin berwudhu sebagai bentuk membersihkan diri dengan pendekatan agama, semoga kita semua terhindar dari virus Corona” tutupnya. (adn)