Pasaman,ritvone.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman yang diwakili oleh Kasi Guru dan Tenaga Kerja (GTK), Asril membuka secara resmi kegiatan Spensa Open Atletik tingkat SMP se-Kabupaten Pasaman tahun 2020 bertempat di Gelora Tuaku Imam Bonjol Lubuksikaping,  Rabu (26’2).

Hadir dalam kesempatan itu,  Kadisporapar Pasaman, Ketua KONI Pasaman diwakili, Kepala UPTD SMP se Pasaman,  Kepala pengcab PASI Pasaman,  Kabid Dikdas,  Pelatih Official dan Atlet se Pasaman,  serta kontingan atlit dari berbagai sekolah dan guru-guru yang mendampinginya.

Kata Asril, Dinas Pendidikan Pasaman sangat merespon kegiatan Spensa Open Atletik yang dilaksanakan SMP N 1 Lubuksikaping ini.  “Kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala UPTD SMP N 1 Lubuksikaping dibawah kepemimpinan, Munasri yang telah mengagas kegiatan ini.  Mudah-mudahan nanti, akan ada sekolah lain yang melaksanakan kegiatan seperti ini, tidak hanya di cabang atletik saja,  namun dicabang olahraga lainnya, ” katanya.

Dengan kegiatan ini, kata Asril kita mengharapkan adanya peningkatan kondisi kesehatan jasmani peserta didik di sekolah, sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis. Selain itu, ajang ini juga untuk mencari siapa siswa yang berbakat memiliki prestasi di bidang atletik ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pasaman,  Linggoman yang juga hadir dalam kesempatan itu,  juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengcab PASI Pasaman dan SMP N 1 Lubuksikaping. Semoga kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Pasaman,  baik ditingkat provinsi,  nasional dan internasuonal nantinya.

“Dalam suatu perlombaan, juara itu sangat penting,  namun dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat menjadi ajang silaturahmi bagi kita semua terutama bagi kalangan pelajar dan sekolah-sekolah yang ada di daerah ini, ” katanya.

Sementara itu,  Ketua Umum KONI Kabupaten Pasaman yang diwakili oleh Ketua Harian KONI Pasaman,  Iptu Idris mengatakan,  kegiatan spensa open atletik antar SMP se- Kabupaten Pasaman ini adalah suatu program yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan atlet-atlet muda Kabupaten Pasaman untuk menghadapi berbagai event tingkat Sumatera Barat, Nasional maupun Internasional guna meningkatkan prestasi atlet yang dimaksud sebagai realisasi pembinaan prestasi atlet di seluruh kecamatan se Kabupaten Pasaman.

“Kami berharap,  kegiatan ini dapat sukses dalam pelaksanaan, sukses berprestasi dan aukses pemberdayaan berbagai potensi di Kabupaten Pasaman dalam membina,  mengembangkan dan memajukan olahraga atletik khususnya di Pasaman,” pintanya.

Selain itu, Idris yang juga menjabat selaku Waka Polsek Rao itu juga berharap kepada PASI Kabupaten Pasaman dapat berperan serta memperhatikan permasalahan sekaligus mencari solusinya yang terbaik,  dengan memberikan kesempatan kepada setiap olahragawan yang berpitensi untuk berkembang maju tanpa membedakan asal usul dan kondisi sosial ekonominya.

“Atas nama KONI Pasaman,  kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pengcab PASI Pasaman dan SMP N 1 Lubuksikaping yang telah melaksanakan event Spensa Atletik tingkat SMP se Kabupaten Pasaman ini.  Mari wujudkan mimpi kita untuk berlari mengwjar prestasi di Kabupaten Pasaman,” tandasnya.

Sebelumnya, Penanggung jawab kegiatan Spensa Open Atletik, Munasri menyampaikan, bahwa kegiatan Spensa Atletik tingkat SMP se-Kabupaten Pasaman ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan di SMPN 1 Lubuksikaping mudah-mudahan,  kedepan terus berlanjut.

Munasri menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu -Kamis (26-27 Februari 2020) bertempat di Gelora Tuanku Imam Bonjol yang diikuti sebanyak 85 atlet putra dan putri yang berasal dari SMP se-Kabupaten Pasaman. 

Dalam Spensa Open Atletik tahun 2020 ini, yang dilombakan ada dua kategori lomba putra seperti, lari 60 meter,  lompat jauh,  tolak peluru,  lempar lembing,  lari 1500 meter,  dan lari 300 meter.  Selanjutnya,  kategori lomba putri yakni,  lari 60 meter,  lompat jauh,  tolak peluru,  lempar lemving,  lari 1500 meter,  lari 3000 meter,  serta lempar cakram.

“Kami berharap kepada sekolah lain, dapat menjadikan kegiatan ini sebagai motivasi untuk mengiatkan olahraga di sekolah masing-masing.  Kepada anak-anak kami berjuanglah dengan sekuat tenaga, dan junjung tinggi sportifitas dalam bertanding, ” tukas Munasri.  (Mad)