Agam — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat (Kanwil Kemenag Sumbar) H.Hendri membuka acara Wisuda Tahfiz Pertama 1, 2, 5 dan 10 Juz Santri/Siswa/i di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Sabtu (09/02/20) di Aula IPDN Kampus Sumatera Barat Baso Kabupaten Agam.

H.Hendri ketika diwawancarai awak media memaparkan, bahwa “Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat terus melaksanakan berbagai hal untuk mewujudkan visi misi presiden, juga misi Kementrian Agama dan diantara misi Kemenag adalah meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama, Alhamdulillah target tahun ajaran 2019/2020 adalah 12000. Kabupaten Agam adalah Kab/Kota yang ketiga mewisuda para Santri/siswa/inya berjumlah 1.847 orang, sedangkan yang sebelumnya Kota Padang 1.075 orang, Kab. Sijunjung 510 orang, dan Payakumbuh 410 orang, jadi total awal hafidz/dzah yang telah diwisuda 3.842 orang” ujarnya.

“gerakan tahfidzul qur’an adalah salah satu program skala prioritas di Kemenag Sumabar, sehingga 19 Kemenag Kab/Kota melaksanakan ini, sekarang mungkin baru 4 kab/Kota yang telah mewisuda hafidz/dzah, semoga segera menyusul 15 Kab/Kota lainnya, karena ini juga bagian dari gerakan membaca al-qur’an, gerakan menghafal al-qur’an, gerakan memahami al-qur’an, melaksanakan nilai-nilai al-qur’an dalam kehidupan, gerakan mendakwahkan al-qur’an karena al-qur’an adalah Garis-garis Besar Haluan Muslim (GBHM), ” tambahnya.

Lebih lanjut H.Hendri yang juga tamatan Pesantren ini mengucapkan terimakasih, “Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah yang mendorong kegiatan ini . Juga terimakasih kepada kawan-kawan Kakankemenag, Kasubag, Kepala KUA, Kepala Madrasah secara maksimal mendukung program ini”.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam H.Edy Oktafiandi menyampaikan bahwa peserta awalnya berjumlah 3.700 orang kemuadian disaring 13 s/d 8 Januari 2020, kemudian yang lulus hanya 1.847 orang, dengan kategori 10 Juz berjumlah 8 orang, 5 juz 64, 2 Juz 518 dan 1 juz 1.198″ jelasya.

“ini semua dapat dan sukses kita lakukan tidak terlepas dari bimbingan, arahan Bapak Kakanwil, dan dukungan dari seluruh jajaran Kemenag Kab. Agam, saya mengucapkan terimakasih atas bimbinangan dan dukungan kita semua” ucapnya.

Terpancar dari raut wajah Kabag Kesra Kab. Agam Surya Wendri rasa bahagia dan haru melihat 1.847 santri dan siswa/i yang diwisuda. “Ini adalah kebanggaan untuk Kab. Agam, kebanggaan yang luar biasa ditengah-tengah Agam sedang melakukan gerakan Nagari Madani, dengan program magrib mangaji dan pergelaran tahfiz, luar biasa. Alhamdulillah kawan-kawan Kemenag dan seluruh Madrasah yang ada di Kabupaten Agam menyambut program ini dengan gerakan nyata, dengan wisuda seperti ini penyemangat gerakan Nagari Madani dan mudah-mudahan inilah yang menjadi estafet para ulama dimasa yang akan datang” harapnya. (adn)