PADANG — Tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 hari ini resmi diluncurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat di GOR H. Agus Salim Padang, Minggu (12/1/2020).

Ribuan masyarakat ikut menyaksikan Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat yang Beritegritas, juga dihadiri Wagub Nasrul Abit, Wakapolda Brigjend Ruri Sumadianto, Wakil Ketua DPRD Suwirpen Suib, KPU Sumbar Amnasmen, Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tantowi, Kepala OPD dan semua komisioner KPU.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menghimbau dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), para kandidat calon gubernur dan masyarakat, agar tidak menyebar berita hoaks jelang maupun paska pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2020.

“Jangan matikan lampu lawan, lampu kita hidup. Seharusnya sesuai dengan pepatah Minangkabau, ‘Lamak dek awak katuju dek urang’, saya berharap Pilkada 2020 ini betul-betul Badunsanak,” ucap Wagub Sumbar.

Wagub Sumbar minta seluruh stakeholder yang terkait harus bekerjasama dan terlibat aktif dalam meminimalisir hoaks dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah mendatang. Hoaks sangat mengganggu stabilitas serta bisa memicu perpecahan.

Menurut dia, penyebaran fitnah sudah mulai menyerang para calon Kepala Daerah, di media sosial sudah semakin tidak terkontrol jelang Pilkada 2020 ini. Baik menyebarkan fitnah, berita hoax dan kebencian.

“Teliti dulu informasi, masyarakat jangan langsung terima saja, apalagi disebarkan. Ini jelas merugikan para calon. Karena itu, saya minta semua pihak bisa mengatasi semua ini,” kata Nasrul Abit.

Nasrul Abit menegaskan agar setiap calon kepala daerah bisa bersaing secara cerdas dengan menjual program nyata untuk pembangunan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

“Mari bersaing secara cerdas, jangan saling menjelekkan. Yakinkan masyarakat kita dalam program nyata untuk kesejahteraan masyarakat, itu yang terpenting,” ucapnya.

Ia juga minta masyarakat untuk dapat berperan aktif, jika ada melihat akun-akun yang digunakan untuk menyebarkan fitnah, berita hoax dan kebencian, segera laporkan pada pihak kepolisiaan dan Kominfo.

“Pilkada kita adalah Pilkada Badunsanak, harus kita jaga bersama, demi suksesnya Pilkada serentak 2020, berikan Pilkada ini yang nyaman, jujur, adil,” pintanya.

Sementara itu Ketua KPU Sumbar Amnasmen menegaskan, pihaknya sudah siap untuk melaksanakan Pilkada, khususnya pemilihan Gubernur Sumatera Barat.

KPU sudah menyiapkan semua komponen pendukung dalam pelaksanaan Pilkada serentak, dalam waktu dekat rekrutmen PPK dan PPS selesai dilakukan.

“Semua tahapan masih berjalan sesuai jadwal dan prosedural hingga saat ini. Saat ini kita sedang sibuk merekrut penyelenggara adhock yang diserahkan seleksinya pada KPU kabupaten dan kota,” tegas Amnasmen.

Semestinya publik harus mengetahui rangkaian itu demi suksesnya pesta demokrasi lima tahunan. Pilkada merupakan milik seluruh lapisan masyarakat sebagai pemilih dan yang dipilih tanpa pengecualian.

Selain Komisioner KPU RI Promono Ubai Tantowi, berkeyakinan kalau jajarannya sampai ke tingkat bawah siap untuk menyelenggarakan.

“Kami juga yakin semua pihak akan membantu suksesnya Pilkada serentak ini,” ujar Ubay semangat. (nov)