Bandung — Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) Tahun 2019 adalah salah satu media untuk meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi. POSPENAS diselenggarakan melalui kerjasama antar beberapa kementerian sesuai dengan Nota Kesepahaman yang telah disepakati. POSPENAS ke VIII Tahun 2019 mengusung thema “Mengokohkan Karakter, Sportifitas, Kebersamaan dan Budaya untuk kejayaan Negeri”. Kegiatan akan berlangsung 25 November minggu Minggu 01 Desember 2019 dan dilaksanakan di Prov. Jawa Barat Kota Bandung.

Sementara untuk kontingen POSPENAS Sumbar telah sampai di negeri Pasundan ini pada Minggu (24/11) dan Seninnya beberapa peserta sudah mengikuti berbagai cabang lomba meski secara resmi acara baru dibuka oleh Menteri Agama malam harinya.

Selain pelatih, pendamping dan official turut serta dalam koningen Sumbar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri beserta Ketua Dharma Wanita, Ny Bahirni Hendri dengan tujuan kehadirannya memotivasi dan memompa semangat para kontongen Sumatera Barat.

Pada hari pertama pertandingan Kakanwil beserta Ketua DWP didampingi Plt. Kabid PAKIS H. Armadi dan Kasubbag Inmas, Eri Gusnedi berkesempatan mendatangi venue-venue lomba yang diikuti oleh peserta dari Sumbar. Selain ke tempat lomba rombongan juga berkunjung ke penginapan masing-masing peserta, mulai dari hotel Shakti tempat menginap peserta cabang seni, hotel Arkeo tempat menginap peserta cabang olah raga, Rindam Siliwangi tempat menginap atlit futsal dan tempat menginap atlit Volly Ball.

Dalam kesempatan itu kakanwil mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan sehingga Sumatera barat dapat hadir dalam ajang POSPENAS ke VIII di Bandung ini.

Selanjutnya Kakanwil mengucapkan selamat datang di Kota Bandung, Kota sunda, wilayah yang cuacanya tidak terlalu jauh berbeda dengan Sumbar mudah-mudahan kita tak terlalu susah beradaptasi dengan cuaca.

Untuk para peserta Kakanwil berpesan, pertama “pasang niat yang benar karena Allah SWT bahwa kehadiran kita disini untuk mengharumkan nama pondok pesantren masing-masing, mengharumkan para guru, mengharumkan nama Sumbar di kancah Nasional.

Kedua Kakanwil berpesan jaga kesehatan, khusus untuk cabang olah raga butuh tenaga, butuh konsentrasi, kerja keras, sinergi dan kerjasma dengan tim. Ketiga, Kakanwil mengingatkan para peserta, selaku santri jangan lupa spritual quostien harus tinggi, malam tahajud, pagi duha dan shalat hajjat sebelum tidur. Baca alquran magrib dan subuh.

Keempat positif thinking, optimis kita bisa juara. mulai berlomba dengan doa dan hujamkan dalam hati kita bisa menang. Jangan pernah rendah diri. Kelima Jaga kebersamaan dan kekompakan tim karena sangat diperlukan untuk capai sukses.

Pesan mendalam diutarakan H. Hendri penuh filosofi melalui perumpamaan, “ Arang dengan intan sama-sama dari kanbon C, bedanya intan bisa jadi intan karena lama tempaannya. Maka ambillah pilosof itu, maka teruslah berlatih, maksimalkan kompetensi yang ada. Yang penting pupuk terus semangat buat menang dalam diri, pungkasnya bersemangat. (Mira)