PADANG — Saat ini Institut Karatedo Nasional (Inkanas) Sumatera Barat banyak mengukir prestasi di tingkat nasional. Hal ini suatu peningkatan cukup baik. Namun untuk level internasional, baik Asia atau dunia, pihaknya akan mencari terobosan baru. Salah satunya, karateka di setiap daerah harus lebih giat berlatih, dan meningkatkan kompetensi diri.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang sebagai Ketua Umum Inkanas Sumbar pada pembukaan Rakerda Inkanas 2019 di Ruang rapat Istana Gubernur, Minggu (24/11/2019).

“Seharusnya setiap atlet karateka diawali dengan bakat, walaupun digembleng terus-menerus, tanpa memiliki bakat jangan harap miliki prestasi,” kata gubernur.

Lanjut Irwan Prayitno menyampaikan setelah bakat, atlet harus bersungguh-sungguh mengikuti dalam setiap berbagai latihan untuk mengikuti Kejurda maupun Kejurnas.

Irwan Prayitno juga mengatakan pengurus Inkanas memperbanyak pertandingan di level lokal, nasional maupun internasional. Sehingga para atlet dapat meningkatkan kemampuan dan bisa lebih berprestasi.

“Kedepan kita harus perbanyak pertandingan-pertandingan baik tingkat daerah maupun nasional sehingga nanti pada saat Asian Games atau kejuaraan tingkat dunia itu bisa kita ikuti dan lebih berprestasi,” pungkasnya.

Penanganannya memang harus lebih fokus dan serius, karena itu tugas-tugas pengurus mencari bibit yang berbakat terutama atlet junior yang bisa dilatih secara khusus untuk bisa beprestasi di tingkat nasional maupun tingkat dunia.

“Saya harap, para pengurus Inkanas Sumbar jangan cepat puas. Semoga kedepan lebih bisa mengukir prestasi yang lebih tinggi,” ucap Irwan Prayitno.

Ia juga menyampaikan, kemudian untuk meningkatkan jumlah guru kita akan terus lakukan kegiatan kenaikan tingkat secara rutin berkala. Karena untuk naik tingkat DAN IV keatas mesti keluar daerah Inkanas Sumbar akan memfasilitasi termasuk dengan menambah jumlah Dewan Guru dan Dewan Juri dengan pelatihan TOT di tingkat nasional. (nov)