BUKITTINGGI — Menjadi pratiksi Kehumasan harus memiliki kemampuan dalam menyampaikan informasi. Guna meningkatkan kompetensi humas di era four poin zero (4.0) Biro Humas Setda Sumatera Barat menggelar Workshop Kehumasan di Hotel Bunda Bukittinggi (21/11/2019).

Workshop ini diselenggarakan selama tiga hari mulai dari tanggal 21-23 November 2019, menghadirkan Herta Napitupulu Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Star Ercahaya Hasugian Praktisi Pendidikan Indonesia dan Iskandar Zulkarnaen co-founder sebagai narasumber dan dihadiri oleh para humas masing-masing perwakilan humas dari beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Biro Humas Setda Sumbar Drs. Jasman, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa sumber daya bidang Humas ini menentukan sekali kesan atau image kepada masyarakat, memiliki peran penting dalam publik baik internal atau eksternal, menciptakan ketertarikan, memberikan informasi yang bias dan simpati.

“Banyak hal penting yang harus dimiliki insan kehumasan dan layanan informasi, kita harus menyampaikan informasi terkait citra atau image pada instansinya, menginformasikan data yang akurat dan mudah dimengerti, mengembangkan kreatifitas dalam menyajikan informasi dan menguasai perkembangan teknologi informasi,” kata Jasman.

Jasman minta peserta bisa memanfaatkan workshop ini untuk meningkat pemahaman teknik-teknik kehumasan dalam pembuatan berita dan menyampaikan ke publik. Karena narasumber yang hadir memiliki kompetensi di bidang masing-masing.

“Pergunakanlah warkshop ini sebaik mungkin, silahkan saudara bertanya sebanyak mungkin untuk meningkatkan pengetahuan kehumasan, karena banyak ilmu yang akan saudara dapatkan disini,” ucapnya.

Jasman melanjutkan, sebagai corong dan juru bicara pemerintah yang tidak bisa dihilangkan dan Humas wajib memberi informasi yang valid dan terpercaya kepada masyarakat semua kebijakan pemerintah.

Selanjutnya sebagai penutup Kabiro Humas Sumbar meminta para peserta dapat terus bangun komunikasi efektif Pemerintah dalam rangka membangun kerjasama dalam penyampaian informasi.

Sementara itu Alrifjon S. Sos, MM selaku pelaksanaan, menyampaikan, kegiatan ini diikuti 25 peserta Humas OPD lingkup Pemprov Sumbar. Humas tidak hanya menguasai sarana komunikasi konvensional saja, di era 4.0 penggunaan sarana komunikasi baru harus dikuasai dan dimanfaatkan.

“Oleh karena itu guna meningkatkan kompetensi humas di era industri 4.0 Biro Humas Sumbar menyelenggarakan workshop Humas untuk meningkatkan kompetensi kehumasan di masing-masing OPD,” ungkap Alrifjon.

Selanjutnya ia juga mengatakan, bahwa kegiatan ini akan terus berkelanjutan. “Nanti kita juga mengadakan acara yang sama untuk setiap badan usaha apapun bentuknya menjadikan humas sebagai ujung tombak untuk membangun kepercayaan di mata masyarakat,” tambahnya. (nov)