Pasaman,ritvone.com – Buya Haji Syafrizal  ( BHS  ) ketua baznas Pasaman di amanahi sebagai Dewan Hakim cabang Hafidz 1 dan 5 Juz Tilawah, pada MTQ Nasional Tingkat kabupaten Pasaman yang ke 47 diadakan tgl  17 – 21 Nov 2019 di Kecamatan Padang Gelugur Pasaman, bersama Al Hafidz H. Pendi, SMIQ ,Harpuddin, SMIQ yang juga merupakan senior beliau di Sekolah Tinggi Ilmu Al – Qur’an Padang.

Al Hafidz Efendi adalah Putra Batu Tinggi Rao Utara dan beliau juga seorang Mufassir Nasional dan pernah dapat hadiah haji dari Mentri Agama, tahun ini Pemda memberdayakan Putra / Putri terbaik Pasaman sebagai Dewan Hakim, yang sudah pernah hakim Sumbar dan Nasional.

Buya Haji Syafrizal Ustadz Multi talenta ini pernah mengukir dan mengantarkan PIN Emas Nasional bidang Pendidikan dan Keagamaan ketika beliau diamanahi Staf Ahli bupati 2006- 2008 dan Ketua Harian LPTQ Pasaman dan Menejer Pondok Qur’an Pasaman  2008-2010.

BHS mengatakan, Dulu pernah kita mengharamkan untuk tidak merental qari / qariah, waktu itu kita bina diseluruh nagari, Kecamatan sampai kekabupaten. 

Beliau juga menyampaikan nostalgia,  tahun  2005 kita rengking 18 MTQ Provinsi di Padang Pariaman,  2007 alhamdulillah kita  5 besar, di Payakumbuh dan 2009 kita tuan rumah MTQ sumbar dan kita Juara Umum III, Subanallah tgl  3 Januari 2010 PIN EMAS.

Sekarang kita, ingin membumikan al qur’an di Kabupaten Pasaman ini melalui Tahfizd Qur’an, disekolah – sekolah, mulai TK, SD, SMP dan sampai perguruan tinggi, seperti yang kita lakukan hari ini di STAI dan Yappas Lubuk Sikaping.

Setelah MTQ Kabupaten ini akan diadakan Gebyar Tahfidz se kabupaten Pasaman dengan mewisuda  8000 Hafidz,  melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan Pasaman,  insyaallah, ucap Buya Haji Syafrizal dengan semangatnya.
(Mad)