Pasaman,ritvone.com- Bakal Calon (Bacalon) Bupati Pasaman H Syafrizal Sf, SIQ, M.Pd resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran ke DPD Partai Nasdem Kabupaten Pasaman, Rabu (23/10/2019).

Didampingi tim suksesnya,  H. Syafrizal yang menggunakan baju putih dengan sall warna hijau di leher, dan celana hitam ini, mengaku optimis mengikuti penjaringan di Partai Nasdem. “Tentu kita optimis. Karena visi dan misi Nasdem sejalan dengan saya. Apalagi, kita dengan kader-kader Nasdem sudah terjalin kedekatan,” terangnya kepada awak media usai menyerahkan berkas formulir pendaftaran di Sekretariat Partai Nasdem, Rabu.

H. Syafrizal mengaku akan mengikuti semua tahap penjaringan di Partai Nasdem. Sebab, proses penjaringan tidak dilihat dari kedekatan, tetapi kemampuan dan potensi untuk mendapat rekomendasi.

“Insya Allah saya yakin, Partai Nasdem ini menjunjung tinggi transparansi dan obyektif. Nasdem juga mengkonsep tanpa mahar. Jadi, dengan saya antar sendiri, ini adalah bukti saya akan serius mengikuti Pilkada serentak 2020 mendatang,” ujar H. Syafrizal.

Sebelumnya, H. Syafrizal yang juga menjabat Ketua Baznas dan Dosen STAI – YAPPAS Lubuksikaping ini mengatakan ingin mengabdikan dirinya untuk masyarakat Pasaman dengan meninggalkan Kota Dollar provinsi Riau dengan jabatan Direktur Pendidikan Islam terpadu Kabupaten Pelalawan, dengan jumlah 1300 santri. Mulai dari santribTK Islam terpadu, SD Islam terpadu dan SMP Islam Terpadu. “Karena mengingat Sabda Nabi, Hubbul Wathanni Minal Iman (mencintai tanah kelahiran sebahagian dari Iman). Makanya saya ingin mengabdikan diri untuk kampung halaman,” terang H. Syafrizal.

Kata dia, dirinya nanti akan mengusung Visi dan Misi “Mewujudkan masyarakat Pasaman yang religius, kreatif, berbudaya dan bermartabat” dan ini telah kita lakukan selama ini.

Sementara itu Ketua DPD Partai NasDem Pasaman, Yusuf Lubis melalui Perwakilan DPD Partai NasDem Pasaman, M Dwi Richa JP mengatakan, siapa saja bisa mendaftar ke Partai NasDem. “Kita terbuka. Siapa saja bisa mendaftar. Karena kita di Nasdem transparan dan tidak ada yang disembunyikan. Semua pelaksanaan dibuka secara umum,” tegasnya.

Kata Richa, pihaknya tidak memiliki kewenangan menentukan siapa yang akan direkomendasikan pada Pilkada nanti. Sebab, keputusan itu merupakan kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Nanti pusat yang menentukan. Kita di daerah hanya penjaringan saja, untuk melengkapi berkasnya. Kemudian akan dikirim ke pusat. Selanjutnya diseleksi dalam penjaringan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam pendaftaran ini, Partai NasDem memanggil tokoh-tokoh Pasaman baik perseorangan, maupun organisasi dan birokrasi untuk ikut berkompetisi dalam ajang Pilkada Kabupaten Pasaman tahun 2020 mendatang.

“Dalam penjaringan bakal calon kepala daerah pihaknya tidak hanya mengedepankan atau mengutamakan para kader NasDem. Namun, partai NasDem membuka ruang seluas-luasnya bagi putra dan putri Pasaman terbaik yang ingin bertarung di Pilkada mendatang, yang tentunya punya niat baik untuk memajukan Kabupaten Pasaman,” katanya.

Richa menyebutkan bahwa, usai pendaftaran dihari terakhir ini, para peserta nanti akan disaring sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh DPP dan DPW Partai NasDem.

“Untuk menjaring bakal calon tersebut, DPD Partai NasDem Pasaman juga akan mengagendakan kegiatan penyampaian Visi dan Misi bagi calon kandidat yang mendaftar tersebut. “Agenda penyampaian Visi dan Misi itu akan dilaksanakan di DPD Partai NasDem Pasaman, mulai tanggal 24 hingga 31 Oktober 2019 nanti,” ujarnya.

Kata Richa lagi, hingga batas akhir pendaftaran di hari terakhir ini, sudah ada 12 orang tokoh Pasaman yang menyerahkan formulir berkas pendaftaran ke DPD Partai Nasdem Pasaman. Ke 12 tokoh Pasaman ini ada yang menyerahkan berkas pendaftaran untuk bakal calon Bupati, dan bakal calon Wakil Bupati untuk Pilkada mendatang,” pungkasnya.
(Mad)