Lubuksikaping,ritvone.com– Nuansa baru yang humanis polisi dengan wartawan, berhasil dibangun Kapolres Pasaman yang baru, AKBP Hendri Yahya. Kekakuan yang sempat ada, seketika mencair dalam silaturahmi “coffee morning” antara kapolres dengan insan pers daerah ini, Jumat pagi (11/10) di Cafe Dapoer Mami, Lubuk Sikaping.

Kendati baru bertugas dalam hitungan pekan di Pasaman, namun Kapolres Hendri Yahya telah mampu berbaur dan menyatu akrab dengan wartawan Pasaman, yang terkenal “bagak” dan kritis dalam menjalankan fungsinya selama ini.

Banyak hal disampaikan Hendri Yahya. Selain kisah perjalanan tugas pernah di Kalimantan, Ambon, Polda Sumbar dan Kapolres Mentawai sejak desember 2017, hingga mengomandoi Polres Pasaman sejak tiga pekan lalu, Hendri turut menyampaikan issu nasional terbaru dan aksi kriminalitas yang menonjol di Kabupaten Pasaman.

Di tingkat nasional, kasus penusukan Menkopolhukam Wiiranto dan merebaknya paham radikalisme di tengah-tengah masyarakat, dipaparkan Hendri secara gamblang.

Kemudian, maraknya aksi pencurian di rumah kosong, curanmor, peredaran narkoba, LGBT, cabul serta kenakalan remaja, termasuk yang terbaru Narkoba Cyber yang menjangkiti kalangan pelajar, menjadi titik fokus penanganan di Wilkum Polres Pasaman saat ini.

“Alhamdulillah, dua kasus pencurian yang terjadi baru-baru ini, telah berhasil kita ungkap,” ujar Kapolres.

Dalam silaturahmi familyar jelang sholat Jumat itu, Kapolres Hendri mengajak rekan-rekan media ikut berperan aktif melakukan upaya preventif, dengan menyampaikan informasi “ter-update” mengenai situasi kamtibmas, agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada.

Program safari jumat dan subuh mubarakah, sembari menjalin silaturahmi dan menyerap informasi dari masyarakat, juga dilaksanakan Kapolres Hendri Yahya secara konsisten.

Wartawan Pasaman, seperti disampaikan Dwi Richa dan Surya Dharma, prinsipnya mendukung kegiatan yang dilaksakanakan Polres Pasaman, terutama dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan tertib.

Turut hadir, Kasat Sabhara IPTU Yonni Handra, Kasat Lantas IPTU Yulisman dan Kasi Humas Polres, Jasmardi serta kabag humas Pemda, Apriadi Said, SH. (Mad)