Ritvone.com, Agam — H. Hendri Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat buka acara dialog lintas agama, dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi tingkat Kabupaten dan Kota Se-Sumatera Barat Tahun 2019, Minggu (17/03/19) di Aula Kemenag Agam, tema “dengan dialog lintas agama kita wujudkan moderasi beragama dan kebersamaan umat”.

Foto Pembukaan Acara Dialog Lintas Agama, Minggu (17/03/19) di Aula Kemenag Agam

H. Hendri mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Subbagian Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Sumbar kegiatan perdana di laksanakan di Kantor Kemenag Agam, “terimakasih kepada Kasubbag Hukum dan KUB, panitia serta peserta dialog yang telah berperan aktif dalam kegiatan ini” tuturnya.

Di samping itu H. Hendri menambahkan bahwa, kegiatan ini suatu upaya mewujudkan visi Kemenag Sumbar, “Terwujudnya masyarakat yang taat beragama, maju, sejahtera, cerdas, dan saling menghormati antar pemeluk agama dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong”

Ka. Subbag Hukum dan KUB Dra. Hj. Irda Hayati, M.M sebagai penanggung jawab kegiatan, menyampaikan ada empat materi pokok yang akan sajikan oleh pemateri hari ini, “Pertama, moderasi beragama untuk membangun kehidupan beragama yang harmonis. Kedua, urgensi wawasan kerukunan dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Ketiga, strategi merawat dan meningkatkan kerukunan melalui berbagai elemen masyarakat dan keempat, kementerian agama sebagai fasilitator dalam mewujudkan kerukunan umat beragama” tutur Ida.

Melalui Eri Gusnedi, M.A ketua panitia menyampaikan beberapa harapan yang hendak dicapai dari kegiatan ini, “Ekplorasi nyata semangat kerukunan umat beragama, wawasan kebangsaan, menyebarkan pesan damai dan pemahaman agama yang inklusif bagi masyarakat Sumatera Barat. Penguatan, peningkatan dan pemeliharaan kerukunan umat beragama di Sumbar. Pengutan komponen kelembagaan lintas agama, dan urgensi pemeliharaan kerukunan umat beragama” tuturnya.