Ritvone.com, Jakarta — Kebakaran menghanguskan 43 rumah tinggal, dengan jumlah 94 KK, dan jumlah pengungsi sebanyak 376 jiwa.

Kebakaran terjadi pada hari selasa tanggal 26 Februari 2019 di Jalan Ketapang, Kelurahan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Bapak H. Surya mengemukakan, sebanyak 450 box makanan siap saji telah didistribusikan oleh Dapur Umum kepada korban terdampak kebakaran di Jalan Ketapang Utara Rt 07,08,10,11,12, Rw 07, Kelurahan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB) yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) mendirikan tenda pengungsi sebanyak 2 unit.

“Ketika ada kabar terjadi kebakaran, Tim PSKB kami segera menyiapkan bantuan sementara. Dalam SOP kami 2 jam respontime bantuan sudah diberikan,” kata Bapak H. Surya, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat saat dihubungi (26/02/19).

Surya melanjutkan, makanan siap saji itu berasal dari dapur umum Suku Dinas Sosial Jakarta Barat dan akan dioperasikan hingga 7 hari ke depan. Pengoperasian dapur umum dapat ditambah waktunya sesuai kebutuhan dan permintaan.

Saat ini pihaknya pun telah mendistribusikan bantuan sosial sementara berupa Mie Instan 30 dus, Biscuit 8 dus, Ikan Kaleng 6 dus, Minyak Sayur 2 dus, Selimut 100 lembar, Kaos Kerah 100 pcs, Perlak 30 pcs, Pempres 3 dus, Pembalut Wanita 2 dus, Kelengkapan Bayi 30 paket, Seragam Sekolah 30 stel, Terpal 5 lembar, dan Air Mineral 15 dus.

Adapun bantuan sosial tambahan yang di distribusikan berupa, pakaian Sekolah SD perempuan 10 set, pakaian Sekolah SD laki-laki 10 set, pakaian Sekolah SMP perempuan 10 set, pakaian Sekolah SMP laki-laki 10 set, , pakaian Sekolah SMA perempuan 10 set, pakaian Sekolah SMA laki-laki 10 set, tas sekolah 10 set, buku tulis 2 pak, pulpen 2 pak, pensil 2 pak, selimut 2 pcs, dan makan siap saji 450 box.

Selain itu, pihaknya dibantu oleh warga setempat dengan adanya Kampung Siaga Bencana (KSB) di daerah tersebut. KSB dikelola sendiri oleh warga namun bahan logistik dikirim dari Dinas Sosial DKI Jakarta. Ini mempercepat bantuan sampai kepada korban.

“Bantuan-bantuan yang kami berikan itu sementara, apabila nanti ada kebutuhan yang perlu ditambah maka akan kami tambah, tim kami yang berada di lapangan sedang melakukan pendampingan dan koordinasi dengan aparat setempat,” kata H. Surya, Kasudin Sosial Jakbar. (IS)