Ritvone.com, Kukar — Telah dilaksanalan Apel kesiap siagaan linmas dalam rangka pengamanan Pemilu serentak 2019, di halaman Kantor Camat Kecamatan Kenohan, pada hari Selasa (26/02/19), pukul 09.00 Wita.

Kapolsek Kenohan Polres Kutai Kartanegara IPTU M. Julaini memimpin langsung pelaksanaan Apel kesiap siagaan Linmas yang di ikuti oleh Muspika Kecamatan Kenohan, Polsek Kenohan, Koramil Kahala dan Anggota Linmas Kahala.

Hadir dalam kegiatan Apel :

  1. Camat Kenohan (H. Lukman Budiono.SE.,M.Si).
  2. Kapolsek Kenohan (Iptu M. Julaini).
  3. Danramil Kahala Kapten Ali Ahmad.
  4. Sekcam Kenohan (H. Kaspul.SE.,M.Si).
  5. Wakapolsek (Iptu Aha Badulu).
  6. Kanit Binmas Polsek Kenohan (Iptu Budiono).
  7. Peserta Apel terdiri dari Polsek Kenohan, Koramil Kahala dan Linmas.

Dalam amanatnya, Kapolsek Kenohan Polres Kutai Kartenegara IPTU M. Julaini menyampaikan bahwa tujuan dari Apel gabungan ini untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana linmas sebelum diterjunkan ke lapangan dengan harapan perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan lancar dan optimal dalam rangka mensukseskan Pemilu Serentak 2019 untuk memilih Caleg dan Presiden/Wakil Presiden.

Mengingat pentingnya kegiatan ini dalam menentukan pilihan Pemimpin Negara, Pemerintahan serta Roda Pembangunan, maka pada konteks ini Polri yang dibantu Unsur Keamanan terkait termasuk Satuan Linmas dibebani tugas dan tanggung jawab :

  • Mengawal pergeseran kotak suara.
  • Menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019.
  • Linmas bertanggung jawab terhadap keamanan di TPS, dimana disetiap TPS ditugaskan 2 (dua) orang Linmas sebagai petugas Pengamanan TPS.

Petugas linmas tentunya harus memiliki kemampuan Kepolisian terbatas dibidang Pengamanan, oleh karena itu petugas linmas sebelum ditugaskan ke TPS – TPS terlebih dahulu harus dibekali kemampuan tekhnis dan keterampilan khusus, sehingga mampu mencegah dan menangkal gangguan Kamtibmas khususnya yang akan mengganggu jalannya proses pemungutan suara di TPS, sehingga pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 dapat berjalan aman dan kondusif, terang Julaini.

“Jadikanlah Apel kesiap siagaan ini sebagai tekad dan komitmen bersama dalam mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pemilu Serentak 2019, semoga tugas dan pengabdian kita ini menjadi nilai ibadah dihadapan Tuhan Yang Esa”, pungkas Kapolsek Kenohan Polres Kutai Kartanegara Iptu M. Julaini mengakhiri amanatnya. (IS)