Ritvone.com – Debat pemilihan Presiden ( Pilpres) Putaran kedua telah berlangsung pada hari Minggu (17/2/2019), pada saat debat berlangsung Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 01 sempat menyingung tentang keberhasilan Palapa Ring.

Joko Widodo sangat antusias ketika memamerkan keberhasilan penuntasan mega proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring.

“Kita telah bangun yang namanya Palapa Ring. ini adalah tersambungnya backbone broadband dengan kecepatan tinggi. Di Indonesia bagian Barat telah 100% diselesaikan. Di Indonesia bagian tengah 100% kita selesaikan. Indonesia bagian timur telah selesai 90% dan akan kita selesaikan pada tahun ini. inilah sekali lagi pentingnya infrastruktur selain pembangunan sumberdaya manusia yang ke depan ini juga secara besar-besaran kita lakukan,” ucap Jokowi pada saat debat.

Jokowi sangat menyakini bahwa kehadiran SKKL Palapa Ring mendukung perkembangan Unicorn-unicorn di Indonesia dan dapat menopang Revolusi Industri 4.0.

Sakti Wahyu Trenggono selaku Bendahara Tim Kampanye Nasional ( TKN) Jokowi – Ma’ruf Amin sangat puas dengan paparan Jokowi tentang Palapa Ring, Beliau tak hanya peduli dengan hard Infrastructure tetapi peduli dengan soft Infrastructure.

“Palapa Ring itu “tol langit”, ini akan memperkuat Tol Laut dan Tol Darat yang beliau bangun. Ini bukti beliau memiliki visi membangun Indonesia secara total dan optimis di era digital” ujar Trenggono.

Keberanian Jokowi dalam menuntaskan proyek Palapa Ring harus diapresiasi, karena infrastruktur itu maju-mundur pembangunannya.

“Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) itu inovasi pembiayaan dari Pak Jokowi. Konsep KBPU ini yang bikin swasta mau masuk bangun Palapa Ring. Lihat dengan konsep sebelumnya yang pakai konsorsium, bubar jalan kan,” kata Bendara TKN 01.

Palapa Ring versi Kabinet Kerja terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.

PT Palapa Ring Barat merupakan Badan Usaha Pelaksana (BUP) bentukan Konsorsium Mora Telematika Indonesia – Ketrosden Triasmitra selaku pemenang lelang Proyek Palapa Ring Paket Barat. Panjang kabel optik yang digelar sekitar 2.000 km.

PT Palapa Ring Paket tengah dimenangkan konsorsium Pandawa Lima dengan mengerjakan infrasatruktur di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km. Nilai proyek yang dikeluarkan sekitar US$ 47,08 juta.

PT Palapa Timur Telematika (PTT) mengerjakan proyek Palapa Ring Timur. Proyek Palapa Ring Paket Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua (sampai dengan pedalaman Papua) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 6.300 kilometer.

Proyek ini dipastikan memperoleh dukungan fasilitasi pendampingan proses transaksi dan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment (AP) dari Menteri Keuangan. Komponen yang dibiayai AP adalah biaya modal, biaya operasional, dan keuntungan wajar yang diinginkan badan usaha.

Jokowi sangat menguasai materi industri digital dan bukan tidak mungkin Jokowi mampu menggaet swing voters kaum Milenial pada saat pemilihan nanti.

“Pokoknya kalau bicara ekonomi digital kedepannya, Pak Jokowi top deh semalam. Paparan beliau soal Unicorn dan Revolusi Industri 4.0 itu memikat pemilih milenial yang banyak berbisnis digital,” Tutup Mas Treng.