Ritvone.com, Jakarta – Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat kambali raih penghargaan, di serahkan pada waktu Kegiatan Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama RI, penghargaan nasional terbaik ke III dalam penggunaan jaringan VPN IP se-Indonesia sebagaimana dilansir dari sumbar.kemenag.go.id Penghargaan diterima langsung Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri di Hotel Shangrila-Jakarta, Rabu (23/01).

Penghargaan dalam penggunaan VPN IP (Virtual Private Network Internet Protokol) sudah empat tahun berturut-turut diraih Sumatera Barat. Tahun 2014, Sumbar meraih peringkat I Nasional dan diberikan bonus pemasangan land 60 titik senilai 300 juta. 

VPN IP merupakan jaringan komunikasi Kementerian Agama yang terpusat di Jakarta dan disebarkan ke seluruh Kantor Wilayah Provinsi se Indonesia melalui jaringan fiber optic. Untuk Sumatera Barat, ada dua Kankemenag Kabupaten Kota yang menggunakan VPN IP, Kemenag Kota Bukittinggi sebagai reward atas dedikasinya pertama penggunaan PTSP. Kemudian Kota Payakumbuh karena keaktifan pengelola humasnya dalam publikasi lembaga. 

Seperti yang diungkapkan Plt. Kasubbag Informasi dan Humas, Efrian didampingi PIC Jaringan, Rhama Eka Putra, saat ini Kanwil Sumbar mendapat besaran bandwith 10 mbps. Dikatakannya, tahun  2019 ini besaran bandwith akan ditambah menjadi 20 mbps.

“Besaran bandwith ini sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja Kementerian Agama yang saat ini sudah memasuki era digital dan berbasis aplikasi,” ungkap Efrian yang juga Pranata Komputer.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri ketika dihubungi melalui Telepon seluler mengatakan rasa syukur atas penghargaan nasional yang telah diraih Kanwil Kemenag Sumbar di awal tahun 2019 ini. Penghargaan ini telah mengangkat nama Sumatera Barat di tingkat nasional, apalagi saat ini kita sudah berada di era digital dan serba internet. 

“Saat ini hampir semua  instansi sudah memanfaatkan era digital untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi waktu. Tak terkecuali Kementerian Agama, setiap bidang sudah memiliki program yang berbasis digital dan bahkan sudah online. Keberadaan jaringan VPN ini sangat membantu dalam meningkatkan kualitas kerja dan layanan kepada masyarakat.

Kemudian, tulis Kakanwil melalui pesan Whatsappnya dari lokasi Rakernas di Jakarta, penghargaan yang kita raih ini hendaknya mampu memotivasi untuk lebih baik lagi kedepannya. Ini sekaligus menjadi bukti dan buah kerja keras serta kerja cerdas jajaran Kanwil Kemenag Sumbar. Tanpa disadari penghargaan ini juga telah mengangkat harkat martabat Sumbar di tingkat nasional. 

“Terima kasih kepada kawan-kawan yang sudah mendukung dan melaksanakan program dengan baik. Mudah-mudahan ke depan prestasi kita akan terus ditingkatkan”, pungkas Kakanwil.

*eg*