Ritvone.com, Solok – Lembaga Penelitian dan Pengabdian UNP laksanakan pelatihan Stimulasi dengan menggunakan media moving flashcard bagi guru-guru PAUD di Kecamatan Kubung dan Gunung Talang, yang terdiri dari 30 peserta utusan utusan masing-masing kecamatan.

Panitia Pelaksana yang diketuai oleh Asdi Wirman, S.Pd.I., M.Pd menuturkan, “Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama empat hari secara terpisah, Jum’at 07 September, Rabu 26 September, Senin 02 Oktober dan Sabtu 20 Oktober 2018, kepanitiaan lansung dihendel oleh Dosen PGPAUD FIP UNP”, “setelah empat hari menjalani pelatihan, saya melihat ada dua permasalahan pokok yang perlu solusi, pertama Guru dengan latar belakang pendidikan PAUD umumnya masih belum menguasai cara mengenalkan literasi kepada anak usia dini. Hal ini diketahui dari metode juga cara pembelajaran yang masih konvensional. Solusi yang ditawarkan adalah Mengajak guru untuk mengingat kembali hakikat anak usia dini melalui pelatihan yang diberikan agar pengembangan literasi pada anak dapat berkembang secara optimal. Kedua Guru  dengan latar belakang pendidikan  Non-PAUD  umumnya belum menegnal tentang literasi dan terbatas dalam menggunakan media pembelajaran dan terkadang akibat dari  minimnya media yang ada. Solusi yang ditawarkan adalah    perlu  diberikan  pemahaman  berupa  pengetahuan  dasar  tentang pentingnya literasi  bagi anak  dan langkah-langkah pengenalannya melalui media pembelajaran. Dan yang terakhir dan ketiga guru-guru PAUD di Kecamatan Kubung dan Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok  kesulitan dalam pengunaan media kurang variatif dan terkadang tidak sesuai dengan tema, hal ini menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai Solusi yang ditawarkan adalah Perlunya    memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada pendidik tentang materi literasi yang sesuai dan penggunaan macam metode juga media yang dapat mendukung perkembangan literasi anak” jelas Asdiwirman yang juga sebagai pemateri dalam pelatihan ini.

Asdiwirman menambahkan terkait dengan materi-materi yang diterima peserta selama pelatihan selama acara berlangsung, “materi pelatihan, pertama Tantangan Pendidik Anak Usia Dini Di Era Digital dipaparkan oleh Asdi Wirman, S.Pd.I., M.Pd, kedua Optimalisasi Stimulasi Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Oleh Dr. Yaswinda, keempat Penggunaan Media dalam Stimulasi Literasi Anak Usia Dini Oleh Dra. Yulsyofriend. M.Pd, kelima Merancang dan Menggunakan Media Moving Flashcard dalam Stimulasi Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Oleh Andriana Tanjung, S.Pd dimana masing-masing pemateri sangat ahli dibidangnya” tuturnya.

“Kesuksesan pelatihan ini tidak terlepas dari kerjasama antara Jurusan PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabuapaten Solok. Diprakarsai oleh permintaan dari pengurus  Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Kecamatan Kubung Sri Wahyuni, S.Pd., Ketua IGTKI Kec. Kubung dan Gunung Talang Nilastri, S.Pd.I dan Ketua IGTKI Kec. Gunung Talang” ungkap ketua panitia pada wartawan ritvone.com ketika diwawancara via telpon, Rabu (24/10/18).

Salah seorang guru PAUD peserta pelatihan Sri Wahyuni, S.Pd., Ketua IGTKI Kec. Kubung, merasa senang dan bahagia, mendapatkan pencerahan dari LP2M UNP, “Saya senang dan bahagia dengan adanya pelatihan untuk guru-guru PAUD di Kabupaten Solok ini, pencerahan-pencerahan yang disajikan sangat bermanfaat bagi kami” tuturnya

*Eg/Lg*