Ritvone.com, Pasaman— Acara pencanangan Kampung KB dan Bulan Bakti TNI – KB – Kesehatan tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2018 dihadiri Kapolres Pasaman, Dandim 0305 pasaman, Kepala OPD se Kabupaten Pasaman, Ketua GOW Kabupaten Pasaman, Ketua Persit, Koramil, Camat serta Wali Nagari dan tokoh masyarakat, Rabu (05/09/2018).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dra.Yusnimar, Apt menyampaikan laporan kegiatan, berdasarkan surat keputusan Bupati tentang pembentukan Kampung KB dan TNI – KB – Kesehatan Tahun 2018. Kegiatan TNI KB Kesehatan berjalan mulai dari Bulan Mei sampai Bulan Oktober yang akan datang.

“Kegiatan ini setiap tahun rutin kita laksanakan, awalnya telah kita, kegiatan pelayanan Medis Operasi Pria (MOP) di Kodim 0305 Pasaman sesuai dengan surat keputusan Bupati, kita melaksanakan kampung KB di 14 lokasi yang tersebar di 8 Kecamatan” ucapnya.

Dandim 0305 Letkol Arh.Tri Isdianto,SE dalam sambutannya menyampaikan, “TNI membantu masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera, salah satunya masyarakat segera ber-KB, tentunya kegiatan ini sangat positif bagi kita semua, sehingga  kita mengajak  Koramil yang ada di Pasaman ini” ungkapnya.

Wakil Bupati Pasaman H.Atos Pratama juga menyampaikan, sesuai dengan UU 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga tidak hanya terbatas pada masalah pengendalian penduduk semata tetapi lebih pada pembangunan dan kesejahteraan keluarga menuju keluaraga yang berkualitas, maka di wujudkanlah dalam bentuk “Program Kampung KB” merupakan aksi nyata dan sungguh – sungguh pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari tingkat bawah.

Pembentukan kampung KB ini harus ditindak lanjuti  dari semua pihak terutama OPD yang ada di Kabupaten Pasaman, untuk itu marilah kita satukan langkah mendukung program KB dan kesehatan sesuai dengan tema yaitu ” Bhakti sosial TNI – KB – Kesehatan, kita sukseskan program Kependudukkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam mewujudkan penduduk timbuh seimbang dan masyarakat yang sehat “, ungkapnya.

Di kesempatan itu BAZNAS juga menyalurkan bantuan bagi 10 orang lanjut usia dan 10 keluarga kurang mampu serta GOW juga memberikan kain sarung untuk anak yang ikut sunatan massal.

*ekie*