Oleh : KH Aby Muhammad Zamri Tuanku Kayo Khalifatullah

Saudaraku…Tahukah Anda, bahwa Nusantara pernah menjadi besar dan memiliki PERADABAN LUHUR karena bangsa ini menghidupkan OLAH SPIRITUAL yang menyempurnakan LAKU LAHIRIAH. Karena itu, Bangsa Indonesia membutuhkan OLAH BATIN yang sama kuat dan sakralnya dengan olah rasa Nusantara. Kebangsaan dan kebudayaan bukan hanya tentang kerja politik dan ekonomi. Kebangsaan dan kebudayaan memerlukan kerja ritual dan spiritual.

Coba kita perhatikan sejarah kesuksesan orang-orang sukses, atau para pejuang di masa lalu. Di atas segala kesungguhan dan pengorbanan mereka, baik waktu maupun tenaga dalam menggapai kesuksesan yang mereka raih, ternyata mereka memiliki satu modal utama yang lagi-lagi sangat dahsyat pengaruhnya bagi kesuksesan mereka, yaitu Kekuatan Spiritual.

Dalam kehidupan para Nabi, kepasrahan total kepada Allah menjadi metode paling efektif untuk menghadapi setiap masalah. Manusia yang senantiasa pasrah kepada Allah akan memiliki energi positif yang memotivasinya untuk mencapai tujuan hidup. Jadi, Kekuatan Spiritual Terletak dari Kemampuan Berserah Diri

I’TIKAF adalah sarana BERSERAH DIRI yang paling EFEKTIF, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Kita TINGGALKAN segala urusan DUNIAWI untuk mengasingkan diri di “Rumah Allah” dan mengisinya dengan kesibukan ibadat dan zikir kepada-Nya dengan sepenuh hati. Kita berserah diri kepada Allah dengan menyerahkan segala urusannya kepada-Nya, dan bersimpuh di hadapan pintu anugerah dan rahmat-Nya.

Jika kita MENYERAHKAN diri secara total, maka sebagai gantinya Dia akan memberikan kita kekuatan SPIRITUAL yang bisa mengubah segala situasi. Penyerahan diri secara total kepada-Nya akan membawa kita pada kesempurnaan JATI DIRI. Karena Dia menciptakan manusia untuk tujuan-tujuan yang telah digariskan-Nya, bukan tujuan kita sebagai manusia – yang fana.

Manusia sebagai makhluk tertinggi ciptaan Allah memiliki kemampuan tak terbatas. Tidak saja kemampuan fisik, intelektual, dan moral, tetapi juga kekuatan spiritual. Kekuatan sejati ada dari dalam diri, kekuatan sejati berasal dari jati diri & kekuatan sejati terletak pada hati nurani. Jadi, Kebangkitan Spiritual Modal Awal PERUBAHAN Bangsa Indonesia. Semoga.! (az).