Oleh : KH Aby Muhammad Zamri Tuanku Kayo Khalifatullah

Saudaraku…Ketahuilah bahwa Kematangan spiritual, merupakan prasyarat utama manusia sebagai pemimpin di muka bumi. Hanya manusia yang memiliki KEKUATAN SPIRITUAL yang mampu SURVIVE menghadapi terjangan arus globalisasi yang mengguncang seluruh sisi kehidupan.

Jika dikaji lebih jauh, direnungkan lebih mendalam, maka akan kita temui suatu KENISCAYAAN bahwa dalam dunia usaha, bisnis, sosial, budaya, politik atau apapun yang kita impikan, ada satu kekuatan yang menjadi titik tolak yang sangat menentukan kesuksesan manusia padanya, satu kekuatan yang sangat dahsyat, yaitu : KEKUATAN SPIRITUAL.

Coba kita perhatikan sejarah kesuksesan orang-orang sukses, atau para pejuang di masa lalu. Di atas segala kesungguhan dan pengorbanan mereka, baik waktu maupun tenaga dalam menggapai kesuksesan yang mereka raih, ternyata mereka memiliki satu modal utama yang lagi-lagi sangat dahsyat pengaruhnya bagi kesuksesan mereka, yaitu KEKUATAN SPIRITUAL.

Namun sayangnya, di masa kini, hanya sedikit orang yang SADAR dan BERGERAK untuk menyembuhkan dan memperbaiki keadaan masyarakat dan dunia dengan menggunakan KEKUATAN SPIRITUAL. Padahal, munculnya berbagai krisis manusia modern sesungguhnya bersumber pada KRISIS SPIRITUAL

Puasa di bulan Ramadhan adalah Momentum untuk meningkatkan KUALITAS SPIRITUAL. Pasalnya, dalam rangka meningkatkan kualitas spiritual, perlu membendung segala nafsu yang dapat menjadi HIJAB antara dirinya dengan SUMBER KEKUATAN SPIRITUAL. Karena itulah seseorang yang menjalankan ibadah ramadhan dengan baik, maka akan terlihat peningkatan kekuatan spiritualnya. Semoga. (az)