Ritvone, Medan – Ketua Umum Persemakmuran Pewaris Nusantara KGPH Eko Gunarto Putro mengapresiasi Pembentukan Angkatan Muda Minangkabau Indonesia (AMMI). Pemuda Pemudi Minangkabau diharapkan dapat Melestarikan dan mengembangkan Adat dan Budaya Minangkabau, Sabtu (07/04).

Demikian disampaikan Kangjeng Eko Saat Diskusi dengan Ketua Umum AMMI, Ali Zamar dalam rangkaian Merajut Energy Pewaris Nusantara di Grand Aston City Hall, Medan. “Selain melestarikan, pemuda harus bisa untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap budaya itu sendiri. Karena masalah yang paling mendasar adalah ketertarikan pada budaya tersebut. Jika tidak ada ketertarikan, maka tidak ada keinginan untuk melestarikan,” kata Kangjeng Eko.

Dalam kaitan itu, Ketum AMMI, Ali Zamar menjelaskan bahwa Visi AMMI adalah menciptakan pemuda pemudi Minang yang berkualitas, berbudi pekerti luhur, berwawasan luas, serta bertanggungjawab dengan bertopang pada falsafah Adat Basandi Sara, Sara Basandi Kitabullah.

Sedangkan misi AMMI adalah memanfaatkan segala potensi pemuda-pemudi Minang untuk mendorong kemajuan di Ranah Minang maupun di rantau. AMMI juga memperkuat solidaritas pemuda Minang sebagai motor penggerak pembangunan yang berkelanjutan dimanapun dia berada.

Semoga AMMI dapat memberikan kontribusi positif bagi Bangsa dan Negara Indonesia. (az).