Padang, ritvone.com – Yayasan Syekh Sulaiman Arrasuli (YSSA) laksanakan seminar Nasional dalam rangka pengusulan Inyiak Candung menjadi Pahlawan Nasional, Sabtu (03/03) di Aula DPRD Provinsi Sumatera Barat, dengan tema “Anatomisasi Perjuangan Syekh Sulaiman Arrasuli Sebagai Ulama dan Pejuang”.

Dengan membludak dan antusiasnya peserta yang mengahadiri seminar nasional berkaitan dengan pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli menjadi Pahlawan Nasional, ini menjadi salah satu indikator besarnya harapan dan dukungan masyarakat, beliau dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional oleh pemerintah.

“Sejarah telah membuktikan bahwa Inyiak Canduang adalah sebagai ulama, pendidik dan politisi, berjuang dalam masa pergerakan kemerdekaan Indonesia, untuk itu kita berharap pemerintah segera menganugerahi gelar pahlawan nasional kepada beliau”  ujar Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim dalam seminar nasional pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli, Sabtu (03/03).

Hendra mengatakan, akan menjalin komunikasi dengan 14 anggota DPR RI asal daerah pemilihan Sumatera Barat, untuk mempercepat penganugerahan Inyiak Canduang.

“Kami harus mendukung, tokoh pejuang asal Minangkabau sangat banyak, dan beberapa di antaranya masih ada yang belum diakui sebagai pahlawan nasional,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, banyak pahlawan nasional yang berasal dari Minang. “Minangkabau memiliki banyak pahlawan nasioanal,  dilihat dari presentase populasi Indonesia, suku Minang cuma 2 persen saja. Namun suku Minang memiliki pahlawan nasional, yang cukup banyak dan berjumlah sekitar 10 persen dari total pahlawan yang diakui negara,” katanya. Artinya Syekh Sulaiman Arrasuli termasuk pahlawan Bangsa, namun belum dapat pengakuan dari Negara. * E/Gn*

.