RITVonline-Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) adalah perlombaan membaca dan menjelaskan isi kitab-kitab klasik karya Ulama terdahulu dikalangan para santri dan santriwati.

Pada tahun ini 2017, Kabupaten Agam berhasil meraih Juara Umum tingkat Provinsi Sumatera Barat, walaupun sempat terjadi polemik, karena kekhilafan panitia menghitung poin, sehingga ketika pengumuman awal Juara umum adalah Padang Pariaman.

Beberapa jam kemudian Pihak Kabupaten Agam menyadari terdapat kekeliruan yang tidak sengaja oleh Panitia dalam menjumlahkan poin, mungkin ini terjadi karna banyak kesibukan panitia.

Dan akhirnya Kabupaten Agam berhak menyandang Predikat Juara Umum.

Setelah melakukan Tabayyun maka Padang Pariaman dengan jiwa yang tulus menerima hal ini. Dan semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Karena baik dari Agam maupun dari Padang Pariaman adalah sama-sama Andalan dan Aset bagi Sumatra Barat dengan mendominasinya kafilah MQK Prov Sumbar di Tingkat Nasional berasal dari 2 daerah ini.

Kabupaten Agam mewakili Sumatra Barat di tingkat Nasional dan tugas selanjutnya adalah mempersiapkan dengan sebaik mungkin kafilah Sumatra Barat dalam bertarung di kancah Nasional, yang akan dilaksanakan akhir November 2017 di Jepara, Jawa Tengah.

Dokumentasi Rabu/02 Agustus 2017
Di Rasaki Hotel