RITVonline- Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Madrasah Tarblyah lslamiyah “PPMTI” Lubuk Begalung (Lubeg) Padang
1.     Bangunan PPMTI Lubeg berdiri di atas Waqaf Milik Kaum Caniago
Tanah yang dimanfaatkan untuk pembangunan Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah in adalah tanah Milik Adat (Sdr. Anduan) kaum suku Caniago yang diwakafkan kepada masyarakat Lubuk Begalung pada tanggal 20 Agustus 1926 dengan ukuran 150 x 50 M yang luasnya +750 M2 dan sekarang status tanahnya sudah mempunyai sertifikat tanah Wakaf Nomor. 03.01.10.05.00241 tanggal 26 Juli 2005 di BPN Kota Padang, Pembangunan dalam bentuk non fisik (mulai belajar) pada 07 April 1968 dan Pembangunan fisik Pondok Pesantren ini dimulai sejak tanggal 01 April 1978.
2.     Pengagas Berdiri PPMTI Lubeg
Gagasan mendirikan Pondok Pesantren MTI Lubuk Begalung ini keberadaannya yang dipelopori oleh Cendikiawan dan Tokoh masyarakat Lubuk Begalung seperti antara lain :
Alm. Angku Habibullah, Alm. BK Sutan Permansyah, Hj. Atisah Anwar, Dra.Hj. Rarnani  Majdid, Alm. Drs.H. Muchiar Sani DT. Tan Panghulu, Hj.Rabiah Arif Alm. Imain Suib Maim Bagindo, M. Taat dan Muhammad Ibrahim.
3.     Lokasi PPMTI Lubeg
Lokasi PPMTI terletak di kelurahan Lubuk Begalung Kota Padang. Berjarak ÷ 6 KM dan Pusat Kota Padang. Dan setiap mengadakan kegiatan seperti melaksanakan peringatan Hari-hari Besar Islam selalu mengadakan kerjasama dengan Masjid Nurussaadah (dulu Surau Bancah) dan masyarakat lingkungan di Kelurahan Lubuk Begalung dengan jumlah penduduk + 6.499 jiwa yang terdiri dari 24 RT, 6 RW dengan luas wilayah + 155 Ha.
Di samprng Pondok Pesantren tersebut sebelumnya telah berdiri sebuah Masjid yang tanahnya       I (satu) paket dengan tanah Pondok Pesantren dimaksud dengan ukuran 15 x 20 M yaitu Masjid Nurussaadah yang dulunya benama Surau Bancah yang dapat menampung jamaah dan kaum muslimin / muslimat 500 orang. Dan Pondok Pesantren tersebut juga dapat digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan lainnya.
4.     Berdiri Yayasan
Yayasan Tarbiyah Islarniyah disingkat YAPTIS Lubuk Begalung Padang dibentuk tanggal 2 April 1986, Yayasan ini bersifat ilmiah dan bergerak dibidang pendidikan dan sosial. Pondok Pesantren tersebut sampai dengan April 2015 mempunyai 9 lokal ruang belajar, 6 lokal untuk Tingkat Tsanawiyah dan 3 Lokal Untuk Tingkat Aliyah, disamping itu PPMTI juga mempunyai asrama anak-anak peasntren dengan jumlah murid 160 orang, terdiri dari 116 orang Tingkat Tsanawiyah dan 44 orang Tingkat Aliyah dan dididik sebanyak 35 oang Guru yang terdiri dan 17 orang Perempuan dan 16 Laki-laki dan dibantu 5 orang tenaga kependidikan (Tata Usaha).