البحث الأول
في الإِيْمَانِ بالله تَعَالَى
PEMBAHASAN PERTAMA
IMAN KEPADA ALLAH SUBHAANAHU WATA’ALA
س: كَيْفَ اْلإِيْمَانُ بِاللهِ تَعَالَى إِجْمَالًا
ج: هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى مُتَّصِفٌ بـِجَمِيْعِ صِفَاتِ اْلكَمَالِ وَمُنَزَّهٌ عَنْ جَمِيْعِ صِفَاتِ النُّقْصَانِ.

Soal      Bagaimana cara beriman kepada Allah Subhaanahu Wata’ala ?
Jawab  Yaitu hendaklah meyakini bahwa Allah Subhaanahu Wata’ala memiliki segala sifat yg sempurna dan jauh dari sifat kekurangan.

س: كَيْفَ اْلإِيْمَانُ بِاللهِ تَعَالَى تَفْصِيْلًا؟
ج: هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى مَوْصُوْفٌ بِاْلوُجُوْدِ وَاْلقِدَمِ وَاْلبَقَاءِ وَالْمُخَالَفَةِ لِلْحَوَادِثِ وَاْلقِيَامُ بِنَفْسِهِ وَاْلوَحْدَانِيَّةِ وَالْحَيَاةِ وَاْلعِلْمِ وَالْقُدْرَةِ وَاْلاِرَادَةِ وَالسَّمْعِ وَاْلبَصَرِ وَاْلكَلَامِ وَأَنَّهُ حَيٌّ, عَلِيْمٌ, قَادِرٌ, مُرِيْدٌ, سَمِيْعٌ, بَصِيْرٌ, مُتَكَلِّمٌ.

Soal       Bagaimana cara beriman kepada Allah Subhaanahu Wata’ala secara lebih rinci ?
Jawab    Hendaklah meyakini bahwa  Allah Subhaanahu Wata’ala memiliki sifat : Wujud (Ada), Qidam (dahulu), Baqa (Kekal), Mukhaalafatu Lilhawaadits (Berbeda dengan Makhluk), Qiyaamuhu Binafsih (Mandiri dan tidak membutuhkan yg lain), Wahdaaniyyah (Maha Esa), Hayah (Hidup), ‘Ilm (Mengetahui), Qudrah (Berkuasa), Iraadah (Berkehendak), Sama’ (Mendengar), Bashar (melihat), Kalam (Berbicara).  Dan  meyakini  bahwasanya  Allah  itu  adalah  Al  Hayyu (Maha Hidup), ‘Aliimun (Maha Mengetahui), Qaadirun (Maha Berkuasa), Muriidun  (Maha  Berkehendak)  Samii’un  (Maha Mendengar) Bashiirun (Maha Melihat) dan Mutakallimun (Maha Berbicara)

س: كَيْفَ اْلِاعْتِقَادُ بِاْلوُجُوْدِ لله تَعَالَى؟
ج:  هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى مَوْجُوْدٌ وَأَنَّ وُجُوْدَهُ بِذَاتِهِ لَيْسَ بِوَاسِطَةِ شَيْءٍ, وَأَنَّ وُجُوْدَهُ وَاجِبٌ لاَ يُمْكِنُ أنْ يَلْحَقَهُ عَدَمٌ.

Soal       Bagaimana cara meyakini Wujud (Keberadan) Allah  ?
Jawab    Hendaklah meyakini bahwa Allah itu ada, dan keberadaanNya DzatNya itu ada dengan sendirinya tanpa memerlukan wasilah atau perantara. Dan meyakini bahwa keberadaanNya itu wajib adanya, tidak mungkin Dia pernah tiada.

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمْا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ مَا لَكُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَا شَفِيعٍ أَفَلَا تَتَذَكَّرُونَ (سجدة: 4)